Artis Spotify Bisa Pilih Rekomendasi Lagu Terbaik untuk Pengguna

Telset.id, Jakarta  – Spotify sedang mencoba fitur baru yang memungkinkan pencipta atau artis memilih lagu atau album tertentu untuk muncul lebih banyak di rekomendasi pengguna.

Menurut phoneArena, seperti dikutip Telset, Rabu (4/11/2020), pembaruan itu akan memberi artis lebih banyak kemungkinan untuk memilih lagu mana yang akan diprioritaskan oleh algoritma rekomendasi Spotify.

Fitur baru tersebut masih diperkenalkan dengan cara terbatas oleh Spotify dan tersedia untuk Autoplay dan Radio. Fitur itu akan sangat membantu pengguna menemukan konten-konten baru.

Di lain sisi, artis akan mendapatkan lebih banyak pendapat atau masukan tentang konten mana yang paling ingin dipromosikan kepada calon penggemar. Jadi, fitur rekomendasi terbaik ini menguntungkan dua pihak.

{Baca juga: Jumlah Pengguna Aktif Spotify Tembus 320 Juta}

Spotify juga menyatakan bahwa fitur baru tersebut secara aktif bakal meningkatkan sekaligus menyempurnakan rekomendasi lagu yang ditawarkan oleh artis kepada para pengguna.

Dengan fitur baru itu, label musik dan artis dapat menetapkan prioritas lagu atau album. Namun, Spotify tidak menawarkan jaminan bahwa konten akan mendapat penempatan sesuai keinginan.

Menurut Spotify, kepuasan pendengar tetap menjadi prioritas utama perusahaan. Spotify pun berjanji akan terus memperluas uji konten prioritas ke penawaran yang dipersonalisasi.

Sebelumnya diberitakan, Spotify memungkinkan pengguna untuk cari lagu berdasarkan lirik. Pengguna dapat secara cepat menelusuri dan mempratinjau untuk menemukan lagu yang spontan dipikirkan.

{Baca juga: Cari Lagu di Spotify Berdasarkan Lirik? Sekarang Bisa!}

Pengguna dapat cari lagu di Spotify hanya dengan mengetikkan lirik. Tentu saja, mengingat betapa generiknya beberapa lirik, mungkin cara itu sedikit rumit, tetapi pengguna akan bisa cepat menelusuri lagu.

Sebenarnya fitur tersebut tidaklah baru di kancah aplikasi streaming musik. Apple Music sebenarnya sudah memiliki kemampuan untuk mencari lagu berdasarkan lirik. Hanya, inovasi yang dilakukan Spotify memperluas fitur itu.

Untuk mencari lagu berdasarkan lirik di Spotify, cukup masuk ke bilah pencarian dan ketik lirik lagu. Spotify akan mencoba menampilkan lagu berisi lirik yang Anda maksud. Yang perlu dicatat, jangan salah memasukkan lirik lagu.

Dengan fitur pencarian lagu berdasarkan lirik yang dimiliki Spotify, Apple Music mungkin semakin butuh inovasi agar mampu bersaing. Asal tahu saja, selama ini Spotify dan Apple Music berlomba untuk menjadi yang terbaik. (SN/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -