Snapchat Kini Bisa Bagikan Lokasi Secara Real Time

Snapchat

Telset.id, Jakarta- Lelah dengan banyaknya kompetitor yang meniru fitur terbaiknya, Snapchat akhirnya mulai bertindak dengan ‘meminjam’ fitur pambaruan terbaru milik WhatsApp.

Dengan fitur terbaru ini, penguna aplikasi Snapchat dapat mengirimkan lokasi secara real time kepada orang lain, yang akan muncul di Snap Map dan lewat pesan.

Fitur ini mungkin tidak asing bagi sebagian orang yang sudah pernah menggunakan fitur WhatsApp Live Location. Fitur ini memungkinkan pengguna berbagi keberadaan dengan pasangan atau oranglain dalam waktu yang ditentukan.

Menurut lansiran dari TechCrunch, pembaruan fitur Snapchat ini diperuntukan bagi pengguna iOS dan Android, namun belum semua pengguna dapat menggunakannya.

Untuk memeriksa apakah anda dapat menggunakan fitur baru ini, cukup dengan menekan pada nama teman atau ketuk ikon menu stack di atas obrolan (terletak di kiri atas aplikasi).

Anda akan melihat dua opsi baru yang memungkinkan anda tersebut meminta lokasi teman atau pasangannya. Anda juga dapat membatalkan akses seseorang untuk melihat dimana lokasi anda sedang berada.

Apabila Anda sama sekali belum pernah mengaktifkan peta Snap Map, akan muncul sebuah pesan permintaan izin.

Baca juga: Lagi, Facebook “Jiplak” Fitur Snapchat untuk Messenger

Pada masa lalu, sejumlah sekolah dan pihak kepolisian telah memperingatkan akan bahaya Snap Maps sebab fitur ini dapat mengungkap lokasi anak-anak kepada orang asing dan penjahat.

Fitur opt-in ini akan menunjukkan posisi anda pada peta digital ke teman secara individu atau semua teman anda. Letak koordinat anda akan tetap aktif selama beberapa jam saat Anda menggunakan aplikasi.

Sejumlah orang yang sudah mencoba menggunakan fitur ini mengatakan bahwa akses berbagi lokasi ini hanya menunjukan lokasi selama delapan jam setelah terakhir membuka aplikasi. [BA/HBS]

Sumber: The Sun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here