telset

Seperti Twitter, Cari Video di YouTube Cukup Pakai Hashtag

Telset.id, Jakarta – Pengguna YouTube sekarang bisa mencari video hanya dengan menggunakan tanda pagar alias hashtag. Sebab, YouTube kini telah mengizinkan para pembuat konten untuk menandai setiap video mereka dengan hashtag agar mudah untuk dicari pengguna.

Dilansir dari Engadget, Jumat (20/07/2018), cara menyertakan hashtag untuk menandai video di YouTube mirip dengan di Twitter atau Facebook. Pembuat konten tinggal menambahkannya hashtag pada judul ataupun di kolom deskripsi.

Jadi, ketika pengguna cari video di YouTube menggunakan hashtag, platform video milik Google tersebut akan menunjukkan daftar video terkait hashtag yang dicari.

Meski demikian, YouTube tetap mengatur soal penulisan hashtag oleh pembuat konten. Penulisan hashtag di judul ataupun kolom deskripsi tidak boleh berlebihan atau cenderung sulit. Seperti di Twitter maupun Facebook, juga Instagram, penulisan hashtag juga tidak berjalan efektif jika memakai spasi.

YouTube juga mengingatkan kepada pembuat konten, jika video mereka memiliki lebih dari 15 hashtag, maka YouTube tidak akan memunculkannya dalam hasil pencarian. Satu lagi, hashtag juga tak boleh terkait dengan ujaran kebencian, vulgar ataupun menyesatkan.

Video Pilihan

Fitur pencarian menggunakan hashtag di YouTube sudah bisa diakses melalui aplikasi untuk perangkat Android maupun desktop. Dengan kata lain, pengguna perangkat iOS belum bisa memanfaatkannya untuk mencari video di YouTube.

YouTube memang sedang getol melakukan perbaikan di platform dengan menghadirkan fitur-fitur baru. Beberapa hari lalu misalnya, YouTube menghadirkan fitur Incognito Mode untuk perangkat Android.

Fitur yang biasa ditemukan pada browser Google Chrome itu memungkinkan pengguna untuk tak perlu lagi khawatir dengan riwayat pencarian video. Jika memanfaatkan keberadaan fitur Incognito Mode, semua aktivitas dan penelusuran di YouTube bakal terhapus secara otomatis ketika pengguna keluar dari aplikasi. (SN/FHP)

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0