Facebook Tambahkan Fitur Screen Sharing di Messenger

Telset.id – Facebook terus meningkatkan pengalaman bagi para pengguna untuk layanan Messenger mereka. Raksasa jejaring sosial ini menambahkan fitur baru yang mirip seperti pada platform Zoom yaitu fitur Screen Sharing.

Fitur ini masih dalam proses untuk diluncurkan secara resmi pada aplikasi Facebook Messenger untuk Android dan iOS.

Dengan fitur Screen Sharing ini, memungkinkan pengguna Facebook untuk langsung berbagi layar dengan lawan bicara, saat melakukan panggilan video. Baik saat melakukan panggilan video secara personal maupun group video.

Facebook saat ini tengah menguji coba fitur tersebut, yang nantinya dapat digunakan pada panggilan video dengan jumlah panggilan video group mencapai delapan orang hingga 16 orang di dalam satu room.

Seperti yang sudah ada pada platform Zoom, dengan adanya fitur Screen Sharing ini tentu sangat membantu bagi pengguna untuk membagikan presentasi secara virtual.

Dengan adanya fitur baru ini, para peserta panggilan video group kini dapat menyimak isi materi presentasi dengan mudah.

Fitur ini juga nantinya akan tersedia pada platform desktop dan Web. Facebook masih berencana untu menambahkan jumlah kontrol pengguna pada satu room group call lebih dari 16 orang, menjadi 50 orang.

{Baca juga: Video Call via Facebook Portal Bisa untuk 50 Pengguna Sekaligus}

Bagi pembuat room group video call, pengguna bisa mengatur akses fitur tersebut bagi para peserta. Sehingga pengguna bisa menyaring siapa yang dapat membagikan konten melalui fitur Screen Share tersebut.

Sebelumnya Facebook juga memperbarui Facebook Portal dengan opsi latar belakang baru dan juga asisten berbasis AI dari Alexa. Para pengguna dapat mengkreasi latar belakang dengan aneka visualisasi.

Facebook sendiri memperluas fitur Messenger Room supaya para pengguna semakin mudah berkomunikasi dengan teman maupun keluarga melalui panggilan video. Terlebih, sekarang masih terjadi pandemi virus corona.

Raksasa media sosial ini pun mengintegrasikan Messenger Room dengan Instagram. Alhasil, pengguna instagram juga bisa melakukan video call dengan jumlah partisipan sebanyak maksimal 50 orang.

Bukan cuma itu, setelah meluncurkan fitur panggilan video, Mark Zuckerberg, dkk dilaporkan sedang mengembangkan sebuah perangkat keras berupa TV Kamera.

TV Kamera buatan Facebook dikabarkan memiliki layar yang besar sehingga pengguna bisa menikmati konten dari Facebook Watch dengan lebih nikmat karena besarnya layar.

{Baca Juga: Facebook Bikin TV Kamera untuk Video Call dan Streaming}

Proyek TV Kamera milik Facebook juga akan dilengkapi dengan Artificial Intelligent (AI) yang dipasang di bagian kamera.

AI akan membantu untuk mendeteksi dan mengikuti orang secara otomatis saat mereka bergerak dalam bingkai selama panggilan video. Facebook sendiri belum menjelaskan secara resmi mengenai produk miliknya ini.

Hanya desas-desus mulai muncul jika TV Kamera milik Facebook akan dirilis pada musim semi tahun depan atau antara Maret dan Juni di tahun 2019. Informasi terakhir jika Facebook masih mengembangkan TV Kamera demi fitur yang canggih buat konsumen.

Rencana Facebook untuk membuat TV Kamera dianggap kalangan sebagai langkah Facebook untuk masuk ke industri perangkat keras modern.

Pasalnya, produk dengan fitur streaming ini dianggap akan bersaing dengan Amazon, Roku dan Google yang telah terlebih dahulu membuat produk serupa.

Misalnya saja Google. Perusahaan mesin pencari tersebut telah memproduksi lima produk perangkat keras mulai dari notebook yang bermerek Pixelbook, Earphone yang bermerek Pixel Buds, Pixel 2 dan Pixel 2 XL serta Home Mini dan Home Max. [IR/HBS]

SourceGSMArena

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0