Google Siapkan Fuchsia OS untuk Gantikan Android?

Telset.id, Jakarta – Google kabarnya tengah berupaya menyempurnakan sistem operasi baru bernama Fuchsia OS. Informasi menyebut, sistem operasi itu bakal menggantikan Android di perangkat keluaran Google.

Menurut The Next Web, proyek Fuchsia OS sekarang digarap oleh tak kurang dari 100 insyinyur. Proyek yang dikatakan rahasia tersebut diprakarsai oleh perancang desain antarmuka Android, Matias Duarte.

Google merancang Fuchsia OS berbeda dengan Android. Fuchsia OS dirancang untuk bisa berjalan di berbagai perangkat yang lebih besar, termasuk speaker pintar maupun perangkat rumah yang terkoneksi internet.

Mengembangkan Fuchsia OS sejak awal bisa membantu Google menghindari ketergantungan kepada Oracle, pemilih hak atas beberapa teknologi berbasis Java yang digunakan untuk membangun Android.

Google Garap Fuchsia OS untuk Gantikan Android?

Sayang, tidak ada kabar lebih lanjut tentang perangkat yang akan mengadopsi sistem Fuchsia OS. Namun, Google mengatakan kepada Bloomberg bahwa proyek tersebut merupakan eksperimen open-source dan investasi inovasi.

CEO Google, Sundar Pichai dan Hiroshi Lockheimer, yang bertanggung jawab atas pengembangan Android dan Chrome belum menandatangani peta jalan untuk OS baru. Namun, sumber membeberkan, Fuchsia OS tak akan buru-buru dirilis.

Sebelumnya Google menjelaskan bahwa Fuchsia yang ditampilkan Google saat ini merupakan sebuah “poros yang akan berkembang”. Itu artinya, dalam masa pengembangan OS tersebut, Fuchsia akan mendapatkan beberapa perombakan yang mungkin akan cukup signifikan.

Untuk sementara ini, Android mungkin masih akan menjadi OS primadona dari Google. Namun tidak menutup kemungkinan bukan jika suatu saat nanti Fuchsia akan menggeser Android dan menjadi OS primadona dari Google? Well, kita lihat saja. [BA/HBS]

Sumber: The Next Web

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0