Telset.id, Jakarta – Tokopedia merilis tren belanja pengguna selama Ramadan 2022. Hasilnya kategori produk Fesyen seperti baju, dan juga Hampers menjadi salah satu produk yang banyak dicari di momen Ramadan tahun lalu.
VP of Tokopedia Marketing Solutions, Edwin Cahyadi menjelaskan kalau pihaknya melihat ada beberapa kategori dan subkategori yang banyak dibeli oleh pengguna Tokopedia.
Pada kategori produk, ternyata kategori Fesyen menjadi salah satu produk yang banyak dicari oleh pengguna Tokopedia di Ramadan tahun 2022.
BACA JUGA:
- Wajib Tahu! Tips Jualan Online ala Tokopedia, Biar Gak Langgar HKI
- Ikut Pelatihan Tokopedia, Penerima Kartu Prakerja Sukses Bisnis Online
Edwin menduga kalau tren membeli baju baru di momen Ramadan dan lebaran menjadi alasan, mengapa banyak pengguna mencari dan beli produk baju di aplikasi belanja online tersebut.
“Selain Fesyen, kategori lain seperti Otomotif dan Aksesoris, Makanan dan Minuman, Rumah Tangga dan Smartphone juga banyak dicari pengguna,” ungkap Edwin, dalam acara Media Briefing Tokopedia “Kupas Tuntas Tren Ramadan” di Jakarta, Kamis (23/02/2023).
Sementara itu terdapat pula 5 Kategori dengan transaksi pembelian tertinggi. Kelimanya adalah Fesyen, Makanan dan Minuman, Kesehatan, Otomotif dan Aksesoris serta Rumah Tangga.
“Menurut data internal dari Tokopedia, produk kesehatan seperti vitamin juga banyak dicari selama Ramadan 2022 ini,” jelas Edwin.
Di tahun 2022, Tokopedia juga melihat tren belanja terkait subkategori dengan lonjakan permintaan tertinggi di masa Ramadan 2022. Hasilnya cukup mengejutkan, yang mana produk Hampers masuk dalam daftar produk dengan permintaan tertinggi.
Edwin melihat kalau tradisi memberikan bingkisan hampers di masa pandemi Covid-19, terus berulang di tahun 2022 lalu. Banyak pengguna yang membeli berbagai produk hampers di Tokopedia untuk dikirim ke keluarga atau kerabat tercinta.
Selain Hampers, kategori lain seperti Bumbu dan Peralatan Masak, Gaming, dan Perlengkapan Travel juga banyak dibeli pengguna.
“Tren membagikan hampers ini sudah banyak dilakukan sejak tahun 2020 atau pandemi Covid-19, dan tren tersebut terus terjadi hingga Ramadan 2022,” tuturnya.
BACA JUGA:
- Mie Instan dan Serum Wajah Paling Dicari Gen Z di Tokopedia
- INDEF: Penjualan UMKM Lokal Meningkat Berkat Hyperlocal Tokopedia
Pada kesempatan tersebut, dijelaskan pula mengenai prediksi perilaku masyarakat di bulan Ramadan 2023. Diprediksi 9 dari 10 orang Indonesia berencana untuk berbelanja pada saat Ramadan 2023
Data itu juga mengungkap sekira 80% konsumen digital di Indonesia akan meningkatkan penggunaan layanan digital pada tahun 2023, baik untuk berbelanja atau kegiatan lain.
“Ramadan di tahun 2023 menjadi momen penting bagi masyarakat untuk memenuhi beragam kebutuhannya,” tutup Edwin. [NM/HBS]