APPS

Opera Luncurkan Browser Baru dengan Fitur Kripto

Helmi Reinaldi
Share

Telset.id, Jakarta – Sebagai bagian dari Crypto Browser Project, Opera telah mengumumkan versi beta dari browser khusus kripto baru. Browser Opera kripto ini memberi pengguna akses langsung dan nyaman ke layanan Web3.

Browser Opera Kripto sudah tersedia untuk PC, Mac, dan perangkat seluler di platform Windows, iOS, dan Android.

“Kami memiliki beberapa berita menarik untuk penggemar Web3 di luar sana. Hari ini, kami meluncurkan Proyek Peramban Crypto baru kami; dengan versi beta dari browser web baru yang segera tersedia untuk PC, Mac, dan ponsel; memberikan pengalaman web baru dengan Web3 sebagai intinya,” tulis Opera.

Baca Juga: Browser Opera Permudah Pengguna Kelola Banyak Tab

Dengan bantuan proyek baru ini, Opera bermaksud untuk mempermudah penggunaan aplikasi terdesentralisasi (dapps), meluncurkan game, dan platform metaverse untuk interaksi lintas platform yang lebih nyaman.

Seperti yang dilaporkan Opera dalam sebuah posting blog, browser web pertamanya dengan dompet cryptocurrency built-in dan dukungan Web3 dasar dirilis kembali pada tahun 2018, tetapi versi beta dari Proyek Browser Crypto menandai “awal dari perjalanan baru”.

Fitur Browser Opera Kripto

Browser Opera baru memiliki dompet kripto bawaan dalam versi beta dengan dukungan Ethereum. Di masa mendatang rencananya akan kompatibel dengan platform blockchain utama lainnya, berkat kemitraan Opera dengan proyek Polygon, Solana, Nervos Network, Celo.

Integrasi browser dengan platform Polygon diharapkan akan bisa dimulai pada kuartal pertama tahun 2022. Di browser, Anda dapat membeli cryptocurrency atau melakukan pertukaran cryptocurrency, serta mengakses galeri NFT bawaan.

Baca Juga: Opera GX, Browser Khusus Gamers Hardcore

Browser juga mendukung standar ERC-20 universal untuk membuat token di blockchain Ethereum, serta standar ERC-721 untuk NFT. Dukungan untuk standar ERC-1155 untuk beberapa token generasi berikutnya akan muncul pada kuartal pertama tahun 2022.

“Kami awalnya meluncurkan browser web pertama dengan dompet cryptocurrency terintegrasi dan dukungan Web3 dasar pada tahun 2018, tetapi rilis beta Proyek Browser Crypto hari ini menandai awal dari perjalanan baru,” sambung Opera.

“Dengan langkah hari ini, kami menyediakan browser Web3 khusus bagi pengguna dan industri kami; didukung oleh tim produk yang kuat; dan dengan tujuan mempercepat evolusi generasi Web berikutnya,” tutupnya. (HR/IF)

Leave a Comment