Ngetik di Smartphone Pakai Suara dengan Aplikasi Ini

Aplikasi Voice Access

Telset.id, Jakarta – Google baru-baru ini meluncurkan aplikasi bernama Voice Access yang memungkinkan pengguna mengakses smartphone hingga mengetik menggunakan perintah suara.

Dilansir Telset.id dari The Verge, Rabu (03/10/2018), sebelum menggunakan aplikasi Voice Access, pengguna dapat mengatakan “OK Google” terlebih dahulu, dan diikuti dengan perintah suara “Open (nama aplikasi)”.

Kemudian, Google akan menampilkan angka-angka pada area tertentu untuk memudahkan pengguna memberikan perintah, khususnya untuk mengetik.¬† Mereka bisa mengatakan “delete the line” untuk menghapus pesan, “undo” untuk menampilkan kata yang dihapus, sampai “stop listening”.

Baca Juga: Gak Ribet, Begini Cara Ngetik Pakai Suara di Smartphone

Selain itu, Voice Access juga bisa membuat pengguna untuk menavigasi aplikasi menggunakan suara, hingga memungkinkan mereka berbicara dengan Google Assistant. Caranya pun sama dengan fitur mengetik tanpa menggunakan tangan yakni dengan perintah suara.

Voice Access sendiri merupakan bagian dari rencana Google untuk membuat aplikasi buatannya bisa diakses oleh semua orang. Aplikasi ini telah dikembangkan Google sejak April 2016 lalu.

Saat itu, Voice Access bisa digunakan oleh perangkat Android 5.0 Lollipop ke atas. Setelah hampir 2 tahun, aplikasi tersebut sudah mengalami penyempurnaan dan diluncurkan secara resmi pada awal Oktober ini.

Baca Juga : Google Siapkan Rencana Saingi Amazon di CES 2018

Sayangnya aplikasi Voice Access masih memiliki kekurangan, yakni baru mendukung bahasa Inggris saja. Meski demikian, Google berjanji akan memberikan dukungan bahasa lainnya di masa yang akan datang.

Setelah merilis Voice Access, Google berencana untuk mengembangkan aplikasi lainnya untuk orang-orang dengan penyakit parkinson, multiple sclerosis, arthritis, dan cedera tulang belakang.

Sebelumnya, Google telah merilis aplikasi Lookout untuk memudahkan penderita tunanetra. Aplikasi ini mampu mengenali objek atau medan di sekitar pengguna, dan memberi tahu mereka ketika ada rintangan. Sehingga menghindarkan pengguna dari potensi terjatuh atau menabrak.

Baca Juga : Google Hadirkan Aplikasi Pemandu Jalan untuk Tunanetra

Lookout memanfaatkan kamera perangkat Android untuk mendeteksi medan jalan. Untuk memakainya, Google menyarankan pengguna memakai Google Pixel yang dikalungkan di leher dengan kamera menghadap ke depan. (NM/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here