Aplikasi ‘Access Voice’ Kontrol Ponsel Android dengan Suara

Telset.id, Jakarta – Google ternyata tidak hanya memperhatikan pengguna normal, tapi juga pengguna dengan keterbatasan fisik. Terbukti, raksasa Internet itu baru saja mengumumkan peluncuran beta untuk aplikasi Voice Access, yang memungkinkan pengguna mengoperasikan perangkat Android dengan suara.

Bagi pengguna normal, menggunakan gadget adalah hal yang mudah. Namun bagi orang yang memiliki keterbatasan fisik seperti kelumpuhan, tremor, atau kekurangan fisik lainnya, tentu saja bukan perkara mudah menggunakan gadget.

Google ternyata mengerti akan masalah tersebut. Sebuah aplikasi bernama Voice Access baru saja diluncurkan Google untuk membantu pengguna dengan keterbatasan fisik yang tidak memungkinkan mengoperasikan perangkat dengan tangan.

Google Voice Access 2Untuk menggunakan aplikasi ini tak begitu sulit. Saat pengguna mengaktifkan aplikasi Voice Access, maka akan menempatkan angka di samping setiap tombol, toggle dan elemen interaktif lain di layar.

Selanjutnya, pengguna cukup mengatakan “tap untuk angka. Pengguna juga bisa mengatakan kalimat perintah lain, seperti misalnya “open Chrome” atau “go home” untuk navigasi. Kata perintah lainnya, seperti “click next” atau “scroll down”. Sangat memudahkan, bukan?

Aplikasi yang masih dalam tahap beta ini sudah bisa didownload di Play Store untuk perangkat Android 5.0 ke atas. Nah, ada yang ingin mencoba? [HBS]

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI