Mirip WhatsApp, Facebook Messenger Punya Fitur ‘Unsend’

Telset.id, Jakarta – Anda yang sering merasa salah atau menyesal setelah mengirimkan pesan kepada teman di Facebook Messenger bisa sedikit lebih tenang sekarang. Pasalnya, jejaring sosial terbesar ini dikabarkan segera menghadirkan fitur bernama ‘Unsend’ atau membatalkan pengiriman pesan.

Fitur Unsend ini mirip seperti yang ada di WhatsApp. Fitur ini pertama kali terlihat di Twitter, setelah seorang netizen @wongmjane memposting sebuah gambar.

Gambar itu menunjukan bahwa tampaknya pengguna Facebook Messenger dapat menekan lama pesan untuk memiliki opsi menghapusnya, atau Anda memilih untuk menarik kembali pesan yang sudah dikirim.

Facebook belum berkomentar atau memberi keterangan secara resmi tentang fitur ini. Sehingga belum dapat diketahui apakah fitur ini akan segera hadir atau masih dalam tahap pengembangan.

Petunjuk lain, melihat aplikasi pesan instan lain di luar sana, banyak yang telah memiliki fitur ini. WhatsApp (yang dimiliki oleh Facebook) memungkinkan pengguna ‘unsend’ membatalkan pengiriman pesan.

Baca juga: Facebook Messenger Bisa Identifikasi Akun Mencurigakan

Mengacu pada hal ini, tidak berlebihan jika Facebook juga ingin memiliki fitur serupa. Seperti halnya juga Gmail, yang memungkinkan pengguna menghapus pesan yang dikirimkan.

Kemungkinan lain, alasan Facebook memperkenalkan fitur ini sekarang adalah karena tahun ini banyak sekali isu mengenai keamanan. Misalnya, skandal Cambridge Analytica yang sempat menghebohkan.

Seperti diketahui, terungkap dalam skandal Cambridge Analytica bahwa ada 30 juta akun Facebook yang telah terpapar alias bocor. Akun-akun tersevut kemudian dijual untuk kepentingan kampanye Trump.

Baca juga: Polling Story Kini Tersedia di Facebook Messenger

Facebook mungkin berpikir, kemampuan untuk membatalkan pesan akan mengembalikan sedikit kepercayaan pengguna kepada layanannya, setelah dihantam masalah penjualan data oleh Cambridge Analytica. [BA/HBS]

Sumber: Metro.co.uk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here