APPS

Siapkan Layanan Video Game, Netflix Bajak Eksekutif Electronic Arts

Bayu Sadewo

Telset.id, Jakarta – Rumor Netflix akan terjun ke pasar video game bukan isapan jempol. Platform streaming film itu dilaporkan telah membajak mantan eksekutif Electronic Arts (EA) dan Facebook, Mike Verdu, sebagai Wakil Presiden Pengembangan Game.

Netflix saat ini hanya menawarkan film dan acara TV di platformnya. Tapi mereka telah mengisyaratkan untuk masuk ke pasar video game.

Menurut sebuah laporan oleh Bloomberg mengutip sumber yang mengetahui informasi ini, Netflix berencana akan memperluas pangsa pasarnya dengan masuk ke pasar video game pada tahun depan.

Baca juga: Film Sudah, Netflix Berencana Masuk Dunia Video Game

Game ini mungkin akan hadir sebagai program genre baru — mirip dengan film dokumenter dan standup spesialnya — dan mungkin awalnya ditawarkan tanpa biaya tambahan.

Sebagai Wakil Presiden Pengembangan Game di Neflix, posisi Verdu berada langsung di bawah Greg Peters, Chief Operating Officer Netflix. Langkah ini dikatakan sebagai cara Netflix untuk tetap bisa tumbuh di pasar jenuh seperti AS.

Netflix pertama kali mengisyaratkan akan ikut terjun ke pasar video game saat mengumumkan game mobile Stranger Things di event E3 2019. Game yang diangkat dari salah satu serial TV Netflix terbaik, Stranger Things, itu telah dirilis di Android dan iOS.

Tanda-tanda ini semakin nyata setelah pada bulan Mei lalu Netflix mengumumkan bahwa mereka sedang mencari seorang eksekutif untuk mempersiapkan rencana mereka terjun ke pasar video game.

Sekadar informasi, Stranger Things adalah serial orisinal Netflix dengan genre fiksi ilmiah yang dikombinasikan dengan unsur-unsur horor. Serial ini dibuat oleh The Duffer Brothers, serta co-executive yang diproduksi oleh Shawn Levy dan Dan Cohen.

Netflix bekerja sama dengan pengembang Next Game untuk meracik Stranger Things menjadi game mobile. Game tersebut nantinya akan dikemas dengan gameplay dan tampilan ala kartun 1980-an.

Baca juga: Giliran Game Far Cry Diadaptasi Jadi Serial Anime di Netflix

Yang menarik, Stranger Things Mobile terintegrasi dengan Google Maps sehingga memungkinkan pemain untuk menjelajahi The Upside Down yang tersembunyi di lingkungan sekitar.

Platform streaming film terbesar di dunia itu belum lama ini juga telah bereksperimen dengan film dan acara TV interaktif, seperti Black Mirror: Bandersnatch dan Carmen Sandiego.

Netflix adalah salah satu perusahaan streaming yang rajin menghadirkan fitur baru. Belum lama ini, aplikasi streaming milik Reed Hastings ini meluncurkan fitur Play Something.

Fitur Play Something memudahkan pengguna untuk menikmati konten baru tanpa harus melakukan pencarian. Asal tahu saja, memilih satu dari sekian banyak konten menarik yang tersedia tidak selalu mudah, bahkan terkadang bisa memakan waktu.

Baca juga: Play Something, Fitur Baru Netflix yang Putar Film Secara Otomatis

Fitur ini akan memilih film atau serial TV Netflix secara otomatis. Cara kerjanya mirip-mirip tombol shuffle di pemutar musik. [HBS]

Leave a Comment
Bayu Sadewo