Akhirnya, Jadwal Update Android 12 Versi Stable Diumumkan

Telset.id, Jakarta – Jadwal update Android 12 stable untuk seri Google Pixel akhirnya terungkap. Google kabarnya akan menggulirkan pembaruan OS tersebut pada 4 Oktober mendatang.

Beberapa waktu lalu, Google merilis versi beta kelima dan terakhir dari Android 12 untuk seri Pixel. Usai beredarnya versi beta, Google berencana akan memberikan update Android 12 stable untuk ponsel Pixel dalam beberapa minggu ke depan walau tak mengonfirmasi kapan tanggal pastinya.

Tapi dilaporkan XDA Developer, jadwal update Android 12 stable akan terjadi pada tanggal 4 Oktober mendatang. Agenda itu terungkap dari dokumen internal Google tentang izin update perangkat lunak untuk Android 10, Android 11, dan Android 12 ke depannya.

{Baca juga: Daftar Lengkap HP Xiaomi yang Dapat Update Android 12}

Dokumen ini berisi tanda persetujuan Google kepada setiap OEM atau vendor smartphone sebelum menggulirkan pembaruan perangkat lunak untuk produknya. Izin ini didapatkan setelah OEM dinyatakan lulus uji kompabilitas terhadap layanan Google Mobile Service (GMS).

Jadwal Update Android 12 Stable

Menurut dokumen tersebut, Google akan merilis source code Android 12 pada 4 Oktober 2021 mendatang. Kode tersebut dipublikasikan di Android Open Source Project (AOSP) Gerrit, bertepatan dengan jadwal rilis update Android 12 stable untuk seri Google Pixel.

Cara Update ke Android 12 Beta

Game Mode Android 12 Beta
Android 12

Sebelumnya, Google meluncurkan update Android 12 beta untuk Google Pixel 3, 3 XL, 3a, 3a XL, 4, 4 XL, 4a, 4a 5G, dan 5. Sementara untuk vendor di luar Google yang bisa mendapatkannya adalah, OnePlus, Asus, iQoo, Oppo, Realme, TCL, Tecno, Xiaomi, dan ZTE.

Untuk memperbarui sistem ke Android terbaru itu, buka situs Android Beta Program dan tap tombol View your eligible devices.

{Baca juga: Google Rilis Update Android 12 Beta, Begini Cara Mendapatkannya}

Ikuti langkah-langkah berikutnya, dan Anda pun akan mendapatkan update Android 12 beta secara OTA. Saat mendapatkan notifikasi, masuk ke Settings > System > Advanced > System Update.

Harus diingat, jika Anda memiliki satu ponsel saja, jangan coba-coba untuk memperbarui sistem operasi ke versi beta. Kami sarankan untuk tunggu versi final dari penerus Android 11 ini, karena update beta biasanya tidak stabil dan mungkin menyimpan banyak bug di dalamnya. (MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0