APPS

Instagram Maps Sekarang Makin Mirip Google Maps

Sigit Nugraha
Share

Telset.id, Jakarta – Fitur Instagram Map kini semakin mirip Google Maps setelah mendapatkan update terbaru. Pengguna kini memungkinkan untuk menjelajahi lokasi populer yang ditandai.

Perubahan baru Instagram Map diumumkan oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg. Ia berujar, fitur itu sekarang memperkenalkan pengalaman peta baru yang lebih dinamis.

Dikutip Telset dari TechCrunch, Rabu (20/7/2022), peta baru Instagram tak cuma memungkinkan untuk menjelajahi lokasi populer, melainkan juga memfilter hasil lokasi.

Filter hasil lokasi bisa berdasarkan kategori tertentu, termasuk restoran, kafe, dan salon kecantikan. Sebelumnya, peta di Instagram hanya menyertakan postingan.

BACA JUGA:

Dengan pembaruan baru itu, pengguna dapat mencari peta, mengakses opsi pemfilteran, sekaligus memindahkan peta untuk melihat apa saja yang ada di sekitar.

Perusahaan menyebut, peta baru yang dapat dicari memungkinkan pengguna punya pengalaman lebih mendalam ketika menemukan lokasi dan bisnis populer.

Instagram Maps (Foto: Meta)

Caranya melalui posting, cerita, dan panduan yang ditandai. Pengguna pun bisa menemukan lokasi yang relevan di peta manakala mencari tanda pagar tertentu.

“Kami memperkenalkan peta baru yang dapat dicari di Instagram. Anda dapat menemukan bisnis lokal populer sekitar dan memfilter menurut kategori,” ujarnya.

Anda bisa menemukan tempat baru dengan mengetuk tag lokasi di postingan di Feed atau Story. Anda bisa pula mencari nama kota dan tempat di halaman Explore.

Instagram juga mencatat, pencarian tanda pagar tersedia untuk tagar lokal, seperti “#sanfrancisco.” Anda juga dapat menelusuri berita terbaru, posting teratas, dll.

Jika menemukan lokasi yang diminati, Anda dapat menyimpan dan mengunjunginya kembali. Anda juga dapat berbagi tempat via pesan langsung ke teman atau grup.

Selain itu, jika profil bersifat publik, Anda dapat menggunakan tag lokasi atau stiker di konten untuk membuatnya muncul di peta supaya dapat dilihat oleh orang lain.

BACA JUGA: 

Perlu dicatat bahwa Snapchat pun telah menawarkan fitur serupa yang memungkinkan Anda untuk memposting cerita publik yang dilampirkan ke lokasi tertentu.

Pada awal Juli 2022, Instagram meluncurkan kemampuan untuk membeli barang secara langsung di obrolan. Pengguna pun akan semakin betah menggunakan Instagram.

Instagram seolah ingin “mengakusisi” pemakaian Google Maps oleh orang-orang. Apalagi, Instagram berjanji untuk menghadirkan fitur lain yang mirip dengan Google Maps. [SN/HBS]

Leave a Comment