Instagram Reels Meluncur, Indonesia Kebagian?

Instagram Reels

Telset.id, Jakarta – Instagram resmi meluncurkan fitur Reels secara global. Fitur pesaing TikTok tersebut hadir di 50 negara, termasuk Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya.

Dilansir Telset.id dari Tech Crunch pada Jumat (07/08/2020), Reels akan tersedia di negara-negara pasar utama, seperti Amerika Serikat, India, Brasil, Prancis, Jerman, Inggris, Jepang, Australia, Spanyol, Meksiko, Argentina, dan beberapa negara lainnya.

Alasan Reels baru hadir di 50 negara karena Instagram telah memiliki hak-hak label musik di negara tersebut, sehingga perusahaan bisa menambahkan efek musik tanpa khawatir bermasalah dengan hak cipta.

{Baca juga: Ambil Momen, Instagram Reels Meluncur Bulan Depan}

“Kami sekarang meluncurkan Reels di negara-negara tempat kami memiliki hak. Menurut kami, katalognya cukup dalam dan memiliki beberapa konten unik yang tidak dapat Anda temukan di platform lain,” kata Kepala Produk Instagram, Vishal Shah.

Instagram Reels ini hadir di tengah rencana Amerika Serikat yang ingin melarang TikTok di negara mereka. Fitur ini juga upaya signifikan Instagram dalam menantang dominasi TikTok di dunia.

Perlu diketahui, Reels adalah fitur yang memungkinkan pengguna membuat dan mempublikasikan video berdurasi 15 detik menggunakan seperangkat alat pengeditan baru yang mencakup banyak opsi.

{Baca juga: Reels, Cara Instagram Ambil Keuntungan dari Kesulitan TikTok}

Opsi-opsi yang tersedia adalah efek Augmented Reality (AR), penghitung waktu mundur, musik dan lain sebagainya. Kesepakatan Instagram dengan label rekaman besar berarti pengguna tidak khawatir konten mereka akan dihapus karena masalah hak cipta.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna tinggal memilih opsi di bagian bawah Instagram Camera, di sebelah Instagram Story.

Alat pengeditan kemudian muncul di sisi kiri layar, di mana pengguna akan menemukan efek AR, pengatur waktu, kecepatan, dan penyelarasan.

Seperti fitur postingan Instagram lainnya, Reels dapat disimpan ke draf saat sedang dalam proses. Saat siap untuk ditayangkan, Reels dapat ditampilkan di seluruh tampilan utama aplikasi seperti Story, Close Friends Only, maupun Direct Message (DM).

{Baca juga: Uji Coba Fitur Reels, Instagram Jiplak TikTok?}

Konten dari fitur ini juga dapat diberi keterangan dan diberi tagar, termasuk tag ke teman sehingga konten semakin banyak dilihat dan berpotensi menjadi konten yang viral di Instagram.

Jika Reels diunggah di Story, video akan hilang dalam waktu 24 jam. Jika tidak, video akan terus bisa dilihat di profil pengguna.

Untuk menonton Reels dari Explore, pengguna Instagram akan dihadapkan dengan feed vertikal yang sudah disesuaikan dengan minat dan ketertarikan pengguna.

{Baca juga: Nonton Video Klip Musisi Favorit Kini Bisa di Facebook Watch}

Sayangny,a bagi pengguna Indonesia, pengguna harus bersabar karena fitur ini belum hadir. Begitu juga dengan banyak negara lain di luar 50 negara yang kehadiran Reels. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here