telset

Instagram Uji Coba Fitur Penggalangan Dana

Telset.id, Jakarta – Instagram sedang melakukan uji coba fitur penggalangan dana. Yang menarik, fitur tersebut bisa dimanfaatkan oleh para pengguna untuk menggalang donasi untuk permasalahan pribadi.

Selama ini, platform Gofundme kerap dipakai untuk mengumpulkan dana guna membayar tagihan rumah sakit, membayar pengacara, dan lain-lain. Instagram pun mencoba untuk menghadirkan alternatif.

{Baca juga: Reels, Cara Instagram Ambil Keuntungan dari Kesulitan TikTok}

“Hari ini, kami meluncurkan cara baru untuk mengumpulkan uang guna tujuan pribadi. Kami akan mulai dengan uji coba untuk membuat penggalangan dana pribadi di AS, Inggris, dan Irlandia,” kata Instagram.

Menurut Ubergizmo, dikutip Telset.id, Rabu (22/7/2020), uji coba fitur tersebut baru berlaku untuk sebagian pengguna perangkat bersistem operasi Android. Ke depan, uji coba menyasar pengguna gadget iOS.

Instagram mengklaim bahwa kehadiran fitur itu akan membuat para pengguna yang sangat membutuhkan bantuan dana menjadi  lebih mudah untuk meminta donasi dari orang-orang di platform serupa.

Instagram akan memeriksa setiap inisiatif penggalangan dana untuk memastikan benar-benar memenuhi syarat. Setiap penggalangan dana akan berjalan selama 30 hari meskipun bisa saja diperpanjang.

Pengguna yang memilih untuk menyumbangkan dana bakal bisa memilih untuk tetap anonim jika memang tidak bersedia dieskpose. Jika uji coba berhasil, fitur tersebut bakal hadir perdana di AS, Inggris, dan Irlandia.

Ke depan, tidak menutup kemungkinan fitur penggalangan dana yang dihadirkan oleh Instagram akan hadir untuk seluruh pengguna. Akan tetapi, bisa jadi Instagram sama sekali tidak akan menghadirkannya.

Sebelumnya, Instagram sudah memperkenalkan fitur baru Donation on Instagram Live. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memberikan donasi lewat Instagram Live, terutama bagi mereka yang sedang menggalang dana untuk organisasi nirlaba.

Sebenarnya pada Mei 2019 lalu, Instagram sudah meluncurkan fitur donasi via stiker di Instagram Stories. Tapi dalam fitur donasi lewat Instagram Live ini memang sedikit berbeda jika dibandingkan yang menggunakan stiker.

Selain ada beberapa fitur baru, fitur Donation on Instagram Live ini memberikan opsi lebih banyak bagi pengguna untuk lebih interaktif pada saat penggalangan dana.

Misalnya, pengguna bisa melihat berapa banyak orang yang telah memberikan donasi, dan melihat jumlah sumbangan yang terkumpul.

{Baca juga: Instagram Live Sekarang Bisa untuk Salurkan Donasi}

Selain itu, fitur Live Donation ini juga memungkinkan pengguna memberikan ucapan terima kasih kepada pemberi donasi secara real time. Caranya, dengan tap ikon ‘Wave’ yang ada di layar.

Untuk menggunakan fitur ini, buka aplikasi Instagram di ponsel lalu tap ikon kamera yang ada di kiri atas. Di bagian bawah layar pilih opsi Live, kemudian tap Fundraiser dan bisa memilih organisasi nirlaba yang ingin didukung. [SN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0