APPS

Sering Gangguan, Instagram Uji Fitur Notifikasi Pas Layanannya Down

Naufal Mamduh
Share

Telset.id, Jakarta – Sadar sering terjadi gangguan sistem, Instagram pun melakukan uji coba fitur notifikasi jika suatu saat aplikasi mengalami down. Fitur ini dilakukan agar pengguna mendapatkan pemberitahuan saat terjadi masalah pada aplikasi Instagram.

Instagram mengumumkan uji coba fitur ini melalui situs resminya. Menurut aplikasi berbagi foto dan video tersebut, nantinya ada fitur yang memberikan notifikasi jika server Instagram down, sehingga aplikasi terjadi gangguan yang masif.

Instagram menyatakan jika fitur ini akan mencegah kebingungan pengguna saat aplikasi tidak bisa diakses secara normal. Karena biasanya, saat Instagram gangguan, pengguna bakal langsung curhat ke media sosial Twitter sampai menjadi trending.

“Kami sedang menguji fitur baru yang akan memberitahu Anda di menu Activity Feed Saat kami mengalami gangguan atau masalah teknis, dan saat sudah teratasi,” ungkap Instagram. 

Baca juga: Instagram Kembangkan Fitur Khusus Remaja

Sayangnya Instagram tidak otomatis memberikan informasi jika terjadi gangguan. Fitur hanya akan berfungsi jika banyak orang yang bingung saat aplikasi tiba-tiba tidak bisa diakses. 

“Kami tidak akan mengirimkan pemberitahuan setiap kali ada pemadaman listrik, tetapi ketika kami melihat orang-orang bingung dan mencari jawaban, kami akan menentukan apakah hal seperti ini dapat membantu memperjelas keadaan,” jelasnya. 

Tampilan fitur notifikasi saat Instagram Down

Uji coba fitur akan dilaksanakan di Amerika Serikat dalam beberapa bulan ke depan. Setelah itu fitur notifikasi Instagram down akan dirilis secara global di banyak negara. 

“Sama seperti eksperimen lainnya, ini mungkin sesuatu yang kami luncurkan secara lebih luas, tetapi kami ingin memulai dari yang kecil dan belajar. Dan jika masuk akal, kami akan memperluas ke lebih banyak orang,” tutur Instagram. 

Instagram Gangguan 2 Kali Minggu Lalu

Sekedar informasi bahwa minggu lalu Facebook, WhatsApp dan Instagram gangguan. Bahkan khusus untuk Instagram, gangguan terjadi sebanyak 2 kali yakni tanggal 4 Oktober 2021 dan tanggal 9 Oktober 2021.

Pada kasus tanggal 4 Oktober 2021, gangguan terjadi lebih dari 5 jam. Hal ini yang menyebabkan banyak pengguna menjerit dan menyerukan tagar #InstagramDown di Twitter sampai trending.

Keesokan harinya, Facebook mengumumkan jika layanan telah pulih dan menjelaskasn penyebab gangguan. Ternyata penyebabnya berasal dari router backbone Facebook. Terjadi perubahan konfigurasi yang salah pada sistem router backbone.

Baca juga: Facebook dan Instagram Gangguan Lagi

Namun walau layanan diklaim sudah pulih, pada tanggal 9 Oktober 2021 Instagram mengumumkan jika gangguan kembali terjadi. Untungnya gangguan tidak berlangsung lama dan Instagram mengumumkan jika layanan telah kembali normal.

“Semuanya telah diperbaiki, dan semuanya harus kembali normal sekarang. terima kasih telah mendukung kami (dan untuk semua meme minggu ini),” tutur Instagram.

Semoga saja fitur bisa segera dirilis secara global termasuk Indonesia, sehingga masyarakat tidak terlalu panik saat terjadi gangguan. (NM/MF)

Leave a Comment