Instagram Rilis Fitur Amber Alert untuk Bantu Cari Anak Hilang

Telset.id, Jakarta – Instagram membantu orangtua dan pihak kepolisian dalam mencari anak hilang, dengan meluncurkan fitur Amber Alert di platform mereka.

Dikutip Telset.id dari GSM Arena pada Kamis (2/6/2022), Instagram meluncurkan Amber Alert ke 25 negara di benua Amerika, Australia, Eropa hingga Asia.

Amber Alert merupakan fitur terbaru di aplikasi Instagram yang bentuknya pemberitahuan mengenai anak hilang.

Baca juga: Cara Menggunakan Filter Wajah Menangis yang Viral di Instagram

Cara kerjanya, Instagram akan menggunakan sinyal seperti alamat IP, layanan lokasi pengguna dan kota yang tercantum di profil pengguna.

Lalu saat ada laporan anak hilang di sekitar lokasi pengguna, maka pengguna akan menerima peringatan Amber tersebut.

Bentuknya berupa notifikasi yang mencakup foto anak yang hilang, deskripsi, lokasi terakhir dan informasi lain yang tersedia.

Harapannya agar pengguna yang mendapat notifikasi ini bisa membantu untuk mencari anak yang hilang tersebut.

Dikatakan bahwa fitur ini dikembangkan bersama dengan para organisasi dan penegak hukum. Diantaranya Pusat Nasional untuk Anak Hilang dan Tereksploitasi (NCMEC) Amerika Serikat, Pusat Internasional untuk Anak Hilang dan Tereksploitasi AS, Badan Kejahatan Nasional AS, Kantor Kejaksaan Agung di Meksiko dan Polisi Federal Australia.

Baca juga: Aset NFT Sudah Bisa Dipamerkan di Instagram dan Facebook

“Dengan pembaruan ini, jika Amber Alert diaktifkan oleh penegak hukum dan Anda berada di area pencarian yang ditentukan, peringatan itu sekarang akan muncul di umpan Instagram Anda,” tulis Instagram.

Fitur Amber Alert Instagram Cari Anak Hilang

Amber Alert di Instagram memulai peluncurannya minggu ini di 25 negara yang meliputi Argentina, Australia, Belgia, Bulgaria, Kanada, Ekuador, Yunani, Guatemala, Irlandia, Jamaika, Korea, Lithuania dan Luksemburg.

Lalu ada Malaysia, Malta, Meksiko, Belanda, Selandia Baru, Rumania, Afrika Selatan, Taiwan, Ukraina, Inggris, Uni Emirat Arab, dan Amerika Serikat.

Fitur Amber sebenarnya telah ada di Facebook sejak tahun 2015, dan diklaim telah membantu orangtua dan kepolisian dalam menemukan anak-anak yang hilang.

Semoga saja fitur terbaru Instagram dapat diluncurkan di lebih banyak negara seperti di Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0