Instagram Bantah Bagikan Data Lokasi Pengguna iOS

Telset.id, Jakarta – Instagram membantah telah membagikan lokasi pengguna secara detail ke pihak lain. Isu ini viral usai muncul postingan dari salah satu warganet terkait fakta mencengangkan tersebut.

Sebelumnya, akun Instagram bernama @myanichol pada Kamis (25/8/2022), memposting pernyataan yang kontroversial. Akun itu menyebut kalau update Instagram di iOS
membuat data lokasi persis pengguna Instagram bisa ditemukan dengan mudah, sehingga bisa dilacak oleh pengguna lain.

“Jika Anda memiliki iPhone dengarkanlah. Setelah pembaruan iOS baru-baru ini, orang-orang sekarang dapat menemukan lokasi persis Anda dari Instagram! Jika Anda meletakkan tag lokasi Salt Lake City itu akan menunjukkan lokasi persis Anda,” tulis akun tersebut.

Fitur ini dapat membahayakan keselamatan pengguna, karena bisa mendorong para penjahat untuk mengetahui lokasi rumah Anda.

BACA JUGA: 

“Diduga ada penguntit dan penjahat yang menggunakan fitur ini untuk menemukan orang dan membobol rumah atau mobil,” sambung akun @myanichol.

Data Persis Lokasi Pengguna Instagram

Postingan tersebut viral dan membuat pengguna Instagram menonaktifkan izin lokasi untuk aplikasi tersebut, untuk mencegah agar lokasinya tidak terlacak.

Instagram pun akhirnya buka suara melalui akun resmi tim komunikasi perusahaan tepatnya @InstagramComms pada Jumat (26/8/2022). Aplikasi milik Meta itu membantah kalau aplikasi membagikan lokasi pengguna ke pihak lain.

“Untuk lebih jelasnya, kami tidak membagikan lokasi Anda dengan orang lain. Serupa dengan perusahaan media sosial lainnya, kami menggunakan lokasi yang tepat untuk hal-hal seperti tag lokasi dan fitur peta,” ucap Instagram.

Apabila pengguna tidak suka membagikan lokasi, Instagram memberikan kesempatan ke pengguna untuk menonaktifkan fitur Location Services atau Layanan Lokasi di aplikasi mereka.

“Orang-orang dapat mengelola layanan lokasi melalui pengaturan perangkat mereka, dan menandai lokasi di pos mereka jika mereka ingin membagikan informasi itu,” tutur Instagram.

Data Lokasi Pengguna Instagram

Selain dari tim komunikasi, Head of Instagram Adam Mosseri menegaskan kalau aplikasi yang dipimpinnya tidak membagikan data persis lokasi pengguna ke pihak lain.

BACA JUGA: 

“Location Services adalah pengaturan perangkat di ponsel Anda, bukan fitur baru dari Instagram, dan ini mendukung hal-hal seperti tag lokasi. Kami tidak membagikan lokasi Anda dengan orang lain,” kata Adam.

Data Lokasi Pengguna Instagram

Semoga saja klarifikasi dari Instagram bisa meredam kekhawatiran pengguna atas isu privasi data tersebut. Bagaimana dengan Anda? [NM/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0