Ini 4 Fitur Baru Google Duo, Bisa Apa Saja?

Telset.id, Jakarta – Aplikasi Google Duo meluncurkan 4 fitur baru. Keempat fitur tersebut hadir untuk memudahkan komunikasi pengguna terutama di bulan Ramadan yang sebentar lagi akan tiba.

Menurut pihak Google, empat fitur baru ini diluncurkan agar percakapan yang lebih bermakna untuk menyambut Lebaran.

“Kami memahami betapa pentingnya bagi pengguna di Indonesia memiliki video call yang lancar, terutama di bulan suci Ramadan,” kata Head of Consumer Marketing, Fibriyani Elastria pada di Kantor Google Indonesia, Rabu (24/04/2019).

Pada kesempatan itu, Product Communication Manager Google Indonesia, Felicia Wienathan menjelaskan 4 fitur yang baru diluncurkan tersebut.

{Baca juga: Jelang Ramadan, Google Duo Punya 4 Fitur Baru}

Pertama adalah fitur Group Video Call. Melalui fitur ini Anda dapat memilih 3 orang teman atau keluarga untuk bergabung dengan Group Video Call.

Caranya, Anda tinggal menggeser ke atas aplikasi Google Duo dan menyentuh tombol “Buat Group”. Kemudian Anda bisa memilih 3 orang untuk bergabung serta mengatur nama group tersebut.

Saat ini fitur Group Video Call ini baru bisa 4 orang saja. Tetapi Felicia mengatakan bahwa fitur tersebut akan terus berkembang hingga 8 orang. “Dalam beberapa bulan kedepan fitur ini bisa untuk 8 orang,” kata Felicia.

Fitur kedua adalah Data Saving Mode atau Hemat Kouta. Fitur ini dibuat untuk memberikan pengalaman berkomunikasi yang cepat dan tidak merepotkan. Melalui fitur ini, video call bisa terhubung dengan cepat dan tetap bekerja meski Anda berada pada koneksi yang lambat.

Untuk menggunakan fitur ini Anda harus memilih tombol setelan yang berupa ikon vertika tiga titik di kanan atas layar. Selanjutnya akan muncul pilihan hemat kouta dan Anda bisa mengubah mode menjadi pratinjau aktif.

Selain membantu Anda untuk tetap berkomunikasi walaupun koneksi lambat, fitur ini juga menekan penggunaan kouta hingga 40%. “Koutanya juga lebih hemat hingga 40% melalui fitur ini,” ujar Felicia.

Fitur ketiga adalah Duo for Web. Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuka Google Duo melalui website seperti Google Chrome, Mozilla Firefox dan Safari di laptop atau komputer. Caranya, Anda ketik duo.google.com untuk masuk ke laman Google Duo Web.

Setelah proses verifikasi, pilih kontak atau ketik nomor telepon tujuan yang sudah memiliki Google Duo dan ingin Anda hubungi. Kemudian, pilih tap Video Call dan Google Duo Web siap digunakan.

“Jadi ga perlu aplikasinya atau smartphone karena cukup masuk ke website Google Duo maka Anda bisa melakukan Video Call,” tutur Felicia.

{Baca juga: Google Duo Bakal Punya Fitur Mirip FaceTime}

Fitur keempat yang hadir bernama Video Message. Melawat fitur ini Anda dapat meniggalkan pesan video jika orang yang Anda telepon tidak dapat menjawab.

Menurut Felicia, pesan video ini akan tetap tayang selama 24 jam setelah pesan dibaca. Namun jika pesan belum dibaca, maka pesan akan tetap ada menunggu untuk dibuka.

“Dengan pesan video, Anda dapat merekam lalu menambahkan gambar serta tulisan untuk membuatnya lebih personal,” tutup Felicia. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here