Robot NASA Rekam Gempa Pertama di Mars

Telset.id, Jakarta – NASA berhasil merekam getaran atau gempa pertama di Planet Mars yang disebut Marsquake. Getaran yang terasa samar di planet tersebut direkam oleh robot milik NASA, InSight Mars.

Menurut laporan USA Today, Rabu (24/4/2019), NASA telah melakukan analisis awal yang mengonfirmasi getaran itu berasal dari perut Mars. Gempa terjadi karena pengaruh atmosfer, seperti angin.

InSight Mars merupakan misi untuk mempelajari Mars. Robottersebut didaratkan pada November 2018. InSight Mars dilengkapi berbagai instrumen untuk mengukur suhu, rotasi, dan aktivitas seismik di Planet Merah tersebut..

{Baca juga: 7 Fakta Menarik Robot InSight yang Dikirim ke Mars}

Gempa di Mars sama seperti di Bumi. Mayoritas data yang dikumpulkan oleh instrumen Seismic Experiment for Interior Structure (SEIS) hanya berupa kebisingan. Namun, 6 April 2019, InSight Mars ada sinyal beda.

“Kami sudah menunggu berbulan-bulan untuk sinyal seperti itu. Kami jadi tahu, akhirnya Mars masih aktif secara seismik. Kami sedang meluangkan waktu untuk menganalisanya,” kata ketua SEIS,  Philippe Lognonné.

Dikutip Telset.id, gelombang getaran yang cukup kuat tak ubahnya radar penembus tanah seukuran planet. Ketika merambat melalui planet, gelombang bisa melambat begitu bersentuhan dengan bahan-bahan tertentu.

{Baca juga: Ada Tumbuhan di Mars, Bukti Kehidupan Alien Nyata?}

Sayang, peristiwa Sol 128 terlalu samar untuk menjelaskan apapun tentang struktur interior Mars. Meski demikian, keberadaan getaran menunjukkan bahwa Mars memang memiliki aktivitas seismik seperti di Bumi. [SN/HBS]

Sumber: USA Today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here