Harbolnas 12.12, Penjualan Brand Lokal di Tokopedia Naik Drastis

REKOMENDASI
ARTIKEL TERKAIT

Telset.id, Jakarta – Tokopedia dan TikTok telah meluncurkan kampanye Beli Lokal saat momen Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 lalu, yang mana dalam momen tersebut penjualan brand lokal mengalami peningkatan drastis.

Kampanye Beli Lokal bertujuan membantu para pelaku usaha, khususnya UMKM lokal untuk mendapatkan panggung lebih luas termasuk saat momen Harbolnas 12.12, lewat aplikasi Tokopedia dan TikTok.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima pada Rabu (20/12/2023), animo tinggi dari masyarakat terhadap kampanye Beli Lokal, termasuk saat momen Harbolnas 12.12, menimbulkan berbagai dampak positif pada penjualan para UMKM lokal.

“Tokopedia mencatat adanya kenaikan transaksi sejumlah brand lokal kecantikan dan
perawatan tubuh di Tokopedia dengan rata-rata kenaikan hampir 19 kali lipat khususnya pada kampanye Beli Lokal di momen Harbolnas 12.12 jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023,” ungkap Head of Communications Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan.

BACA JUGA:

Secara keseluruhan, beberapa kategori produk yang paling laris di kampanye Beli Lokal,
khususnya di Tokopedia pada momen tersebut lalu antara lain Kecantikan, Perawatan Tubuh, Fashion, Makanan dan Minuman, serta Rumah Tangga.

Sedangkan di TikTok, kategori tersebut didominasi oleh kategori Kecantikan dan Perawatan Diri, Pakaian Wanita, Fashion Muslim, Pakaian Pria, serta Makanan dan Minuman.

Sejumlah pelaku usaha di Tokopedia yang mengikuti kampanye ‘Beli Lokal’ 12.12 lalu turut mencatat kenaikan penjualan, di antaranya SAFF & Co., Aerostreet dan INTHEBOX yang juga menggunakan aplikasi TikTok untuk memperluas jangkauan pasarnya di Indonesia.

Sebagai brand lokal parfum, SAFF & Co. terus mendapatkan dukungan dari Tokopedia dan TikTok yang turut berkontribusi pada penjualan produk. Pada momen Harbolnas 12.12, SAFF & Co. meluncurkan varian parfum bernama ‘Maleali’ yang secara
eksklusif di kampanye ‘Beli Lokal’ Tokopedia.

Maleali memiliki karakter sweet dan woody diikuti dengan sedikit aroma aromatic. Lalu disusul oleh aroma creamy-woody dan dry down aroma sensual dan comforting khas wangi patchouli dari Sulawesi.

BACA JUGA:

Begitu juga dengan penjualan Aerostreet yang melonjak berkali lipat, khususnya pada kampanye Beli Lokal di momen Harbolnas 12.12, jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023.

“Sejumlah brand lokal fesyen di Tokopedia pun mengalami rata-rata kenaikan transaksi lebih dari 13 kali lipat khususnya pada kampanye Beli Lokal di momen Harbolnas 12.12 jika
dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023,” tutup Aditia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI