Telset.id, Jakarta – Tokopedia selalu memberi panggung seluas-luasnya bagi UMKM lokal sebagai pahlawan ekonomi bagi Indonesia. Sekaligus memberikan berbagai fitur dan inisiatif agar UMKM bisa terus memberdayakan masyarakat sekitar lewat membangun bisnis secara online.
Komitmen Tokopedia mendukung UMKM lokal Indonesia bukan tanpa alasan. Merujuk pada data Kementerian Koperasi dan UKM, tercatat kalau pelaku UMKM berkontribusi terhadap PDB sebesar 60,5% dan mampu menyerap tenaga kerja 96,9%.
“UMKM menjadi salah satu pilar vital perekonomian dan menjadi kunci pemulihan ekonomi hingga pasca pandemi,” ujar Head of Regional Growth Expansion Tokopedia, Nafisah Wulandari dalam Virtual Media Briefing pada Rabu (08/11/2023).
Tokopedia sendiri memberi kesempatan untuk pelaku UMKM lokal berjualan di Tokopedia, sehingga berdasarkan data dari Desember 2019 hingga Januari 2023 dari lebih dari 14 juta penjual di aplikasi belanja online tersebut hampir 100% di antaranya adalah pelaku UMKM.
BACA JUGA:
- Tips Pilih Kelas Pelatihan Prakerja yang Tepat Ala Tokopedia
- Jurus Tokopedia Tingkatkan Pengalaman ke Pelanggan dan Mitra
“Tokopedia terus mendukung UMKM lokal sebagai pahlawan ekonomi dan menjadi raja di negeri sendiri,” sambung Nafisah.
Selain itu terdapat berbagai upaya Tokopedia supaya bisnis pelaku UMKM semakin berkembang dan memiliki daya saing. Caranya dengan memberikan berbagai kegiatan bersifat edukasi seperti Pusat Edukasi Seller, Kelas Perempuan Maju Digital, Keluarga Tokopedia hingga Kelas Maju Digital.
“Kelas Maju Digital ini merupakan perpanjangan dari Konferensi Nasional Maju Digital oleh GoTo, yang mana kita berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah dan brand-brand lokal serta diselenggarakan di berbagai kota,” ungkap Nafisah.
Berikutnya adalah fitur Self-Service Experience. Fitur yang memungkinkan pelaku usaha untuk secara mandiri mengambil keputusan bisnis yang lebih relevan. Adapun di dalam fitur ini terdapat Fitur Wawasan, Katalog, Penamaan Produk dan Kategori, Tokopedia Marketing Solutions dan lain sebagainya.
“Deretan fitur ini didukung oleh data yang komprehensif sehingga dapat membantu penjual mengembangkan bisnisnya,” tutur Nafisah.
BACA JUGA:
- Tokopedia Miliki Lebih dari 14 Juta Penjual, Mayoritas UMKM
- Penjualan Makanan Anak di Tokopedia Naik Hampir 3 Kali Lipat
Terakhir adalah inisiatif Hyperlocal Tokopedia. Melalui inisiatif ini Tokopedia menerapkan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli di mana saja mereka berada.
“Tujuan Hyperlocal Tokopedia ini untuk meningkatkan daya saing UMKM agar punya kesempatan yang sama untuk bisa tumbuh dan berkembang kita tanpa harus pindah ke kota besar,” tutup Nafisah.