telset

Foto dan Video Pribadi Diupload Tanpa Izin? Segera Lapor ke Twitter

Telset.id, Jakarta – Per 30 November kemarin, Twitter membuat kebijakan privasi baru yang memungkinkan pengguna untuk meminta platform hapus foto dan video pribadi yang diunggah tanpa izin oleh orang lain.

Melalui akun @TwitterSafety, Twitter yang kini ditinggal Jack Dorsey mengumumkan bahwa pengguna dapat melaporkan foto maupun video pribadi mereka yang diposting tanpa izin.

Maksudnya, ketika foto dan video tersebut dinilai sangat rahasia dan mencantumkan informasi pribadi, maka mereka dapat meminta Twitter untuk menghapusnya sesegera mungkin.

Foto atau video pribadi pengguna yang dapat Twitter hapus antara lain, berisi alamat rumah, dokumen identitas, informasi rekening keuangan, nomor telepon, catatan medis, dan lain sebagainya.

Baca juga: Profil CEO Twitter Parag Agrawal

“Mulai hari ini, kami tidak akan mengizinkan berbagi media pribadi, seperti gambar atau video individu pribadi tanpa persetujuan mereka. Mempublikasikan informasi pribadi orang juga dilarang berdasarkan kebijakan tersebut, seperti mengancam atau mendorong orang lain untuk melakukannya,” tulis @TwitterSafety.

Twitter mengatakan kebijakan ini tidak berlaku untuk foto maupun video yang datanya bisa mendukung kepentingan publik. Misalnya foto orang-orang sedang berunjuk rasa atau olahraga di tempat umum.

“Gambar/video yang menunjukkan orang-orang yang berpartisipasi dalam acara publik (seperti protes berskala besar, acara olahraga, dll.) umumnya tidak melanggar kebijakan ini,” jelas @TwitterSafety.

“Kami akan selalu mencoba untuk menilai konteks di mana konten dibagikan dan, dalam kasus seperti itu, kami dapat mengizinkan gambar atau video untuk tetap berada di layanan,” tambah perusahaan pimpinan Parag Agrawal ini.

Cara Meminta Twitter untuk Hapus Foto dan Video Pribadi

Ada beberapa syarat dan ketentuan yang ditetapkan Twitter bagi siapa saja yang ingin foto dan video pribadinya dihapus dari platform. Setidaknya, ada 4 orang yang berhak melakukannya, yakni individu yang ada di foto atau video, orang tua atau wali individu tersebut, pengacara, dan perwakilan hukum dari individu yang dimaksud.

Cara melaporkannya juga mudah. Berikut ini cara untuk melaporkan foto dan video pribadi yang tanpa izin diunggah orang lain, agar Twitter segera hapus konten yang diadukan.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Twitter Spaces 

  • Klik ikon titik tiga yang terletak di sebelah kanan atas pada postingan tweet yang ingin dilaporkan. Kemudian dpilih Report Tweet.

Hapus foto Video tanpa izin di Twitter

  • Pilih alasan It’s abusive or harmful dan Includes private information.

Cara laporkan Foto Video Terlarang Twitter

  • Pilih jenis informasi yang Anda laporkan. Misalnya kalau postingan foto atau video tersebut menampilkan nomor telepon, maka pilih menu Contact information, atau pilih Home Address kalau foto menampilkan alamat rumah Anda.

Hapus foto Video tanpa izin di Twitter

  • Pilih hingga 5 Tweet lainnya untuk dilaporkan untuk ditinjau.
  • Kirim laporan Anda ke Twitter.

Nantinya Twitter akan meninjau dan memberikan laporan kepada Anda bahwa postingan telah dihapus. Semoga fitur ini bermanfaat demi menjaga privasi pengguna di media sosial berlambang burung emprit tersebut. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0