APPS

Didukung Asisten Virtual, Google Rilis Situs untuk Belajar Membaca

Naufal Mamduh
Share

Telset.id, Jakarta – Google menghadirkan versi website dari aplikasi Read Along. Platform Android yang dibuat dalam membantu anak-anak yang ingin belajar membaca secara online.

Dilansir Telset dari The Verge pada Rabu (10/8/2022), aplikasi Read Along merupakan aplikasi edukasi yang diluncurkan pada tahun 2019. Aplikasi ini cukup laku di kalangan pengguna Android, karena kini sudah digunakan oleh lebih dari 30 juta anak-anak.

Sekarang di pertengahan tahun 2022 ini, Google memperluas jangkauan akses Read Along dengan merilis versi website. Meski baru versi beta, situs belajar membaca Google Read Along sudah bisa diakses dengan alamat readalong.google.com.

Situs belajar online ini memiliki ratusan cerita bergambar di beberapa tingkat bacaan yang berbeda. Di situs tersebbut, anak-anak bisa memilih sebuah cerita lalu mulai membacanya melalui mikrofon di smartphone atau laptop mereka.

Nantinya selama anak-anak membaca, kata-kata yang disorot dengan biru menandakan kalau anak mampu membacanya dengan benar. Sedangkan, kata-kata yang salah akan ditandai dengan garis warna merah.

BACA JUGA:

Tampilan website Read Along

Selanjutnya silakan klik kata yang ditandai dengan warna merah dan akan muncul asisten virtual bernama Diya. Asisten Diya yang akan mengucapkan kata tersebut dengan benar, sehingga anak tinggal mengikutinya saja.

Situs belajar membaca dari Google ini bisa diakses melalui Google Chrome, Firefox, dan Edge. Sedangkan Safari baru bisa diakses dalam waktu dekat. Selain itu bahasa yang tersedia baru bahasa Inggris, Hindi, Gujarati, Bengali, Telugu, Marathi, Tamil, Spanyol, dan Portugis.

Pada akhir tahun Google akan menambahkan cerita baru ke koleksi aplikasi serta website Read Along. Termasuk di dalamnya adalah adaptasi konten dari pembuat video anak-anak USP Studios dan ChuChu TV, serta buku alfabet  dari perusahaan pendidikan Kutuki.

BACA JUGA:

Perilisan Read Along versi desktop ini tidak hanya akan memberi anak-anak lebih banyak opsi perangkat, tetapi juga akan memungkinkan anak-anak untuk membaca di layar yang lebih besar. Dengan begitu dapat memudahkan anak-anak yang memiliki gangguan penglihatan. [NM/HBS]

 

Leave a Comment