Google+ Resmi Ditutup, Ini yang Bisa Dilakukan Pengguna

Telset.id, Jakarta – Google resmi menghentikan layanan Google+ pada Selasa (2/4/2019) waktu setempat. Mulai tanggal itu, pengguna tak lagi bisa membuat akun baru di layanan media sosial tersebut.

Sebelumnya, Google mengumumkan layanan akan dihentikan mulai 2 April 2019. Pengumuman itu dikeluarkan Google untuk seluruh pengguna via email.

“Keputusan kami menghentikan Google+ karena minim penggunaan. Kami sulit mempertahankan layanan sesuai ekspektasi pengguna,” tulis Google dalam emailnya, dilansir Mashable.

{Baca juga: Google Perkenalkan Layanan Streaming Game “Stadia”}

Tak hanya menutup layanan, Google juga memastikan akan menghapus semua konten, termasuk foto dan video di arsip album. Namun, penghapusan konten membutuhkan waktu beberapa bulan ke depan.

Seperti dikutip Telset.id, Rabu (3/4/2019), selama waktu tersebut, pengguna tetap bisa melihat aktivitas pertemanan di layanan ini. Pengguna bisa mengamankan seluruh data yang sempat dibagikan lewat layanan tersebut.

Sebaliknya, seiring penutupan layanan, pengguna tidak bisa lagi membuat profil, halaman, komunitas, atau acara baru. Keputusan itu pun sempat mengundang perhatian sebagian pengguna.

{Baca juga: Seru! Begini Cara Main Game Snake di Google Maps}

Rencana penutupan ini sebenarnya sudah diungkap sejak Oktober 2018. Selain karena sepi pengguna, Google sempat tersandung kasus kebocoran data. Data 5,2 juta pengguna kabarnya terkena dampak.

Sumber: Mashable

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here