APPS

Google Meet Versi Web Punya Fitur Kecerahan Otomatis, Anti Buram!

Naufal Mamduh
Share

Telset.id, Jakarta – Wajah pengguna saat melakukan rapat atau belajar online melalui aplikasi Google Meet dijamin tak lagi terlihat gelap atau buram. Sebab, saat ini ada fitur auto brightness atau kecerahan otomatis bagi para pengguna Google Meet versi web.

Selama ini, kecerahan wajah jadi salah satu masalah bagi pengguna Google Meet khususnya versi web dikarenakan kualitas webcam laptop yang tak sebagus kamera depan smartphone atau tablet.

Alhasil, tampilan pengguna tampak terlalu gelap sehingga wajah pengguna kurang jelas. Untuk mengatasi masalah tersebut, Google Meet menghadirkan fitur auto brightness atau kecerahan otomatis pada wajah.

Dilansir Telset dari Gadgets NDTV pada Selasa (21/9/2021), fitur ini secara otomatis mendeteksi ketika tampilan pengguna tampak kurang terang selama panggilan video. Masing-masing pengguna dapat mengaktifkan atau menonaktifkannya.

{Baca juga: Durasi Rapat di Google Meet Gak Unlimited Lagi, Dibatasi 60 Menit}

Fitur terbaru ini hadir di Google Meet versi web atau desktop dan juga perangkat iOS. Untuk menyalakannya, pengguna tinggal pilih menu Lainnya dan Pengaturan. Berikutnya pengguna pilih Video dan pilih menu Sesuaikan Pencahayaan Video.

Saat sudah aktif, fitur dapat mendeteksi mengenai tingkat kecerahan tampilan Google Meet versi web. Apabila tingkat kecerahannya kurang, maka fitur ini secara otomatis meningkatkan kecerahan perangkat.

Namun, perlu diingat bahwa fitur pencahayaan otomatis dapat memperlambat perangkat pengguna. Jadi disarankan untuk menggunakan fitur saat mengikuti kegiatan video conference yang sifatnya penting dan formal.

Fitur kecerahan otomatis Google Meet diluncurkan pada hari Senin (20/9/2021) dan akan tersedia untuk semua pengguna dalam beberapa minggu mendatang. Fitur pencahayaan otomatis dapat beroperasi untuk perangkat dengan sistem operasi 64 bit.

Google Meet Hadirkan Filter Animasi

Meet

Fitur kecerahan otomatis merupakan salah satu fitur yang dirilis Meet di tahun ini. Sebelumnya aplikasi video conference tersebut menghadirkan filter animasi untuk pengguna.

{Baca juga: Cara Menggunakan Filter Animasi di Aplikasi Google Meet}

Filter animasi Meet akan membawa animasi kucing, astronot, ubur-ubur dan masih banyak lagi. Filter animasi bisa diakses di Meet sehingga percakapan virtual jadi makin seru.

Filter animasi dihadirkan, agar aktivitas rapat atau belajar virtual semakin seru. Filter ini tersedia di smartphone Android dan iOS, sejak Juli 2021 lalu. (NM/MF)

Leave a Comment
Naufal Mamduh