APPS

Google Meet akan Punya Fitur Live Streaming di YouTube

Bayu Sadewo
Share

Telset.id, Jakarta – Google Meet memperkenalkan beberapa fitur baru yang berfokus pada pendidikan. Fitur baru yang akan dirilis beberapa bulan mendatang ini antara lain, live streaming di YouTube, teks terjemahan langsung, dan dukungan banyak host.

Fitur baru di Google Meet ini diumumkan Google pada sebuah event ‘The Anywhere School 2021’, yang digelar secara online beberapa waktu lalu.

Fitur baru di Google Meet ini mencakup lebih banyak kontrol untuk moderator dan admin, seperti kemampuan untuk memaksa peserta ruang kerja kelompok kembali ke rapat utama dan mengakhiri rapat apa pun dari alat investigasi.

Baca juga: Google Meet Versi Gratis Diperpanjang Hingga Juni 2021

Panggilan video Google Meet juga akan mendukung live streaming ke YouTube, peningkatan kinerja, dukungan beberapa host, dan teks terjemahan langsung di masa mendatang.

Selain itu, kontrol moderator sekarang mendapatkan fitur baru yang disebut ‘kunci video’ yang memungkinkan tuan rumah mematikan video semua orang sekaligus.

Seperti yang disebutkan, Google Meet akan membawa beberapa peningkatan pada fitur angkat tangan yang baru diluncurkan. Ini termasuk kemampuan untuk menunjukkan kepada guru pemberitahuan terus-menerus ketika seorang siswa mengangkat tangan.

Pengguna ini akan muncul dalam kotak dan pemberitahuan akan menunjukkan berapa banyak orang yang mengangkat tangan dan dalam urutan apa. Dan begitu seorang siswa dengan tangan terangkat selesai berbicara, tangan mereka secara otomatis turun.

Dalam beberapa bulan mendatang, pengguna Google Meet akan dapat menggunakan teks tertutup selama live streaming. Mereka juga akan dapat menyelenggarakan live streaming dari publik ke YouTube, sehingga siapa pun di luar institusi dapat hadir.

Baca juga: Cara Ganti Background Google Meet dengan Mudah

Ini sangat ideal untuk rapat dewan sekolah, acara sekolah, dan lainnya. Live streaming publik akan diluncurkan dalam versi beta akhir tahun ini, dan akan tersedia secara luas bagi pelanggan dengan Teaching and Learning Upgrade atau Education Plus pada awal 2022.

Untuk pelanggan ini, teks terjemahan langsung juga akan diperkenalkan akhir tahun ini. Dengan mengaktifkan terjemahan langsung, Anda dapat mendengarkan seseorang berbicara dalam satu bahasa dan melihat teks secara real-time dalam bahasa lain. Tidak ada kejelasan bahasa mana yang akan diperkenalkan pada awal perilisan nanti.

Pengguna Google Meet juga akan mendapatkan kemampuan untuk memasang pin tiles dalam beberapa bulan mendatang, untuk menjaga beberapa orang tetap terdepan dan terpusat.

Dukungan beberapa host juga akan diluncurkan dalam beberapa bulan ke depan, memungkinkan pengguna untuk bermitra dengan orang lain untuk mengelola sesi.

Berbagai fitur untuk penyelenggara rapat akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang untuk membuat Google Meet lebih aman. Misalnya, ketika tuan rumah mengakhiri breakout room, peserta akan mendapatkan peringatan dan kemudian akan dipaksa kembali ke pertemuan utama.

Tuan rumah dapat mencocokkan pengaturan keamanan ruang kerja kelompok dengan pengaturan keamanan dari pertemuan utama. Selain itu, tuan rumah akan dapat mematikan video semua orang sekaligus dengan “kunci video” untuk menghindari gangguan.

Untuk host yang menggunakan tablet dan ponsel, Google Meet akan mendapatkan kemampuan untuk mengakhiri rapat untuk semua orang yang sedang menelepon dan membisukan semua orang sekaligus.

Baca juga: Google Meet untuk iOS dan Android Punya Fitur Anti-bising

Rapat yang dimulai dari Google Classroom juga akan mendapatkan banyak fitur baru dalam beberapa bulan ke depan. Setiap pengajar dan rekan pengajar di kelas Classroom akan menjadi tuan rumah rapat di Meet secara default, sehingga beberapa pengajar dapat berbagi tugas mengelola kelas.

Setelah guru hadir, siswa yang ada di daftar Kelas akan secara otomatis diterima ke rapat. Siswa akan ditempatkan di ‘ruang tunggu’ dan tidak akan dapat melihat atau berkomunikasi dengan peserta lain sampai guru hadir.

Siapa pun yang tidak ada dalam daftar Kelas harus ‘meminta untuk bergabung’ dan hanya pengajar yang dapat mengizinkan mereka masuk ke rapat. [HBS]

Leave a Comment