Google Maps Mungkinkan Pengguna Kelola Profil Sendiri

Google Maps kelola profil

Telset.id, Jakarta  – Google Maps akhirnya memungkinkan pengguna untuk mengatur profil secara langsung dari aplikasi mobile. Sebelum ada pembaruan tersebut, pengguna tidak bisa mengatur profil di aplikasi peta buatan Google itu.

Apabila menggunakan smartphone berbasis Android, sekarang Anda dapat mengubah nama Google dan foto profil, menambahkan biografi pendek, serta mengelola pengaturan akun dan alat privasi dari aplikasi Google Maps.

{Baca juga: Google Maps Bisa Prediksi Jadwal Bus dan Kereta}

Dilansir Phone Arena, dikutip Telset.id, Senin (11/11/2019), Google Maps versi sebelumnya hanya memungkinkan pengguna untuk memeriksa poin Local Guides atau Panduan Lokal. Opsi untuk mengelola profil belum ada.

Anda juga dapat memilih untuk menyembunyikan kontribusi publik di profil. Untuk mengelola profil, Anda dapat melakukannya dengan membuka Menu /Profile/More/Profil Settings dan Show Contributions di  profil.

Tentu saja, nama, foto, dan biografi Anda akan selalu ditemukan di profil dan siapa pun dapat melihatnya. Satu lagi opsi penting di Maps adalah membuat profil Anda tidak terlihat untuk bisnis jika tidak ingin diganggu.

Google Maps memang terus mengalami pembaruan demi kenyamanan para pengguna. Pertengahan tahun lalu, Google Maps dilaporkan punya dua fitur baru untuk tranportasi umum, yakni prediksi jadwal bus dan kereta api (KA).

{Baca juga: Ada Fitur Speedometer di Google Maps, Apa Fungsinya?}

Tak cuma prediksi jadwal, aplikasi tersebut juga menghadirkan fitur untuk mengecek kepadatan penumpang bus dan KA. Ketersediaan dua fitur itu sudah mencapai 200 kota di dunia dan tersedia di perangkat Android maupun iOS.

Selain itu, Google kabarnya sedang mengembangkan fitur baru di aplikasi peta digital buatannya itu. Aplikasi navigasi tersebut akan memiliki fitur indikator kecepatan berkendara atau Speedometer demi keselamatan pengguna saat berkendara.

fitur tersebut memungkinkan Anda untuk mengawasi apakah kecepatan berkendara Anda masih aman atau sudah diluar batas normal kecepatan.

Fitur penunjuk kecepatan ini dapat dilihat di bagian kiri bawah layar ketika menggunakan layanan penunjuk arah di Google Maps. Untuk mengaktifkannya Anda bisa membuka aplikasi dan klik ikon tiga garis horizontal yang ada di sisi kiri atas layar.

Lalu, sentuh ke bawah dan pilih menu Settings kemudian klik Navigation Settings. Setelah itu ke menu Driving Options lalu klik toggle untuk Speedometer dan fitur akan aktif. Sayangnya Speedometer Google Maps masih tahap uji coba dan belum tersedia secara global.

Tetapi fitur tersebut baru muncul di Argentina, Australia, Belgia, Brasil, Kanada, Republik Ceko, Finlandia, Jerman, India, Belanda, Polandia, Portugal, Swedia, Taiwan, Inggris, dan Amerika Serikat. [SN/HBS]

Sumber: PhoneArena

Previous articleMenristek Yakin Indonesia Punya 2 Unicorn Baru di 2020
Next articleSpeknya Bocor, Snapdragon 865 Lebih Ngebut 20% dari Snapdragon 855

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here