Menristek Yakin Indonesia Punya 2 Unicorn Baru di 2020

Menristek Unicorn

Telset.id, Jakarta – Menteri Riset, Teknologi (Menristek) dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro optimis Indonesia mampu melahirkan 2 startup Unicorn baru pada awal tahun 2020 mendatang.

Menurut Bambang pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia dapat mendukung, lahirnya 2 unicorn tersebut tahun depan. Nanti keduanya akan melengkapi 5 startup Unicorn yang telah ada saat ini, yakni Tokopedia, Traveloka, Bukalapak, Ovo, dan Gojek.

“Melihat pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia naik signifikan, saya optimis ekonomi digital Indonesia semakin baik. Ekonomi digital kita ini perubahannya luar biasa pesat, ujar Menristek Bambang

“Saat ini officially ada 5, berpotensi nambah 2 Unicorn lagi akhir tahun ini. Jadi mudah-mudahan memasuki tahun baru 2020 nanti bisa 7,” sambungnya, seperti dikutip Telset.id dari keterangan tertulis pada Senin (11/11/2019).

{Baca juga: Rudiantara: Pemerintah Siap Dukung Kandidat Unicorn ke-5}

Bambang menambahkan, dengan memiliki 5 startup unicorn, Indonesia telah masuk menjadi negara dengan startup unicorn terbanyak di Asia Tenggara saat ini. Selain itu, Indonesia juga telah masuk 10 besar.

“Dengan 5 saja kita sudah menjadi negara dengan unicorn terbanyak di Asia Tenggara dan masuk top 10 di dunia. Jadi kalau 7, barangkali rangking di dunia juga naik,” jelas Bambang.

Menristek mengungkapkan bahwa fenomena digital global saat ini membawa perubahan yang sangat radikal di dalam dunia usaha. Teknologi digital hendaknya dapat diterapkan sepenuhnya pada seluruh rantai nilai industri.

Dengan begitu, lanjut Bambang, akan melahirkan proses bisnis baru berbasis digital untuk menghasilkan produk berkualitas, serta mencapai produktivitas yang tinggi.

{Baca juga: OVO jadi Unicorn, Rudiantara: Target 2019 Tercapai}

“Perusahaan saat ini dituntut berubah melalui pemanfaatan teknologi dan peningkatan kompetensi sumber daya manusia. Ia berharap inovasi yg dihasilkan memberikan dampak yang lebih besar ke masyarakat dan pembangunan bangsa,” tutup Bambang. [NM/HBS]

Previous articleGaruda Indonesia Perkenalkan Sosok GIA di Game Lokalapa
Next articleGoogle Maps Mungkinkan Pengguna Kelola Profil Sendiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here