Ada Fitur Speedometer di Google Maps, Apa Fungsinya?

Telset.id, Jakarta – Google sedang mengembangkan fitur baru di aplikasi Google Maps. Aplikasi navigasi tersebut akan memiliki fitur indikator kecepatan berkendara atau Speedometer demi keselamatan pengguna saat berkendara.

Dilansir Telset.id dari The Verge pada Senin (10/06/2019) fitur tersebut memungkinkan Anda untuk mengawasi apakah kecepatan berkendara Anda masih aman atau sudah diluar batas normal kecepatan.

Fitur penunjuk kecepatan ini dapat dilihat di bagian kiri bawah layar ketika menggunakan layanan penunjuk arah di Google Maps. Untuk mengaktifkannya Anda bisa membuka aplikasi dan klik ikon tiga garis horizontal yang ada di sisi kiri atas layar.

Lalu, sentuh ke bawah dan pilih menu Settings kemudian klik Navigation Settings. Setelah itu ke menu Driving Options lalu klik toggle untuk Speedometer dan fitur akan aktif. Sayangnya Speedometer Google Maps masih tahap uji coba dan belum tersedia secara global.

{Baca juga: Fitur Waze di Google Maps Hadir di 40 Negara, Indonesia Kebagian Gak?}

Tetapi fitur tersebut muncul di Argentina, Australia, Belgia, Brasil, Kanada, Republik Ceko, Finlandia, Jerman, India, Belanda, Polandia, Portugal, Swedia, Taiwan, Inggris, dan Amerika Serikat.

Perlu diketahui jika fitur ini hanyalah satu dari sekian banyak fitur ciptaan Waze yang masuk ke Google Maps. Selepas membeli Waze di tahun 2013, Google terus mengadopsi fitur-fitur Waze untuk dimasukan ke Google Maps.

Bahkan di Waze ada juga fitur pendukung speedometer yakni pelaporan insiden, yang memungkinkan Anda untuk memberi tahu pengemudi lain tentang kecelakaan, pos pemeriksaan polisi, dan kamera kecepatan.

{Baca juga: Google Maps Luncurkan Fitur Rekomendasi Makanan Favorit}

Sebelumnya, Google juga meluncurkan fitur berupa rekomendasi makanan favorit di sebuah restoran yang bisa pengguna pilih ketika berkunjung ke sana. Pengguna bisa mendapatkan foto, ulasan dan peringkat restoran di layanan peta buatan Google tersebut.

Selain itu, Anda akan mendapatkan informasi tentang makanan paling favorit di sebuah restoran yang bisa dipesan di restoran tersebut. [NM/HBS]

Sumber: The Verge

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI