telset

Google Lens Hadir, Aplikasi Goggles Resmi Almarhum

Telset.id, Jakarta – Layanan pencarian gambar buatan Google, Goggles, akhirnya resmi dihentikan. Sebagai pengganti, Google pun mengenalkan Google Lens, yang sayangnya baru tersedia di perangkat berbasis Android.

Sekadar informasi, Goggles adalah layanan yang dirancang oleh Google untuk melakukan pencarian berdasarkan gambar. Layanan ini bisa mengidentifikasi gambar dan membaca QR code alias kode QR, disamping tentu saja memberi informasi mengenai gambar terkait jika berada dalam database Google.

Baca juga: Microsoft Hadirkan Aplikasi Baru Mirip Google Lens

Goggles sendiri dirilis perdana ke publik pada 5 Oktober 2010. Januari 2011, versi 1.3 dirilis dengan tambahan kemampuan.

Goggles mulai kehilangan peminat sejak beberapa tahun belakangan. Pamor layanan ini di mata pengguna luntur seiring perkembangan teknologi, terutama sejak maraknya penggunaan kecerdasan buatan.

Dilansir TechTimes, Senin (20/08/2018), Google Lens kini baru tersedia di sejumlah perangkat berbasis Android, antara lain, Google Pixel, Samsung Galaxy Note 8, dan beberapa model ponsel Sony.

Google Lens dilengkapi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence yang mampu menyampaikan berbagai informasi tentang gambar yang diambil oleh pengguna. Cara penggunaannya pun terbilang mudah. Pengguna cukup membuka aplikasi, kemudian mengarahkan kamera ke objek, dan aplikasi pun akan mengindentifikasinya.

Selain itu, ada juga fitur Smart Text Selection dan Style Match guna menambah pengalaman pengguna.

Sayang, selain belum mendukung semua perangkat Android, kecuali sistem operasi Android Marshmallow atau di atasnya, Google Lens juga baru bisa dioperasikan di beberapa negara. [BA/IF]

Sumber : Techtimes

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0