Google Punya Aplikasi Baru Bernama Lens, Apa Fungsinya?

Telset.id, Jakarta – Sebuah aplikasi baru dihadirkan dihadirkan Google di toko aplikasinya, Play Store. Aplikasi itu dilengkapi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence yang mampu menyampaikan berbagai informasi tentang gambar yang diambil oleh pengguna. Namanya, Lens.

Untuk menggunakan Lens, pengguna cukup membuka aplikasi, kemudian arahkan kamera ke objek, dan aplikasi pun akan mengindentifikasinya. Ada juga fitur Smart Text Selection dan Style Match guna menambah pengalaman pengguna.

Menurut The Verge, aplikasi Lens belum mendukung semua perangkat Android. Aplikasi ini baru bisa dioperasikan via perangkat Android di beberapa negara dan mendukumg sistem operasi Android Marshmallow atau di atasnya.

Di Galaxy Note 8, aplikasi Lens bisa berjalan lancar. Namun, hal serupa tak terjadi di Galaxy S8 Plus. Aplikasi Lens juga tidak cocok dioperasikan di ponsel Moto Z Play, Nokia 7 Plus, dan Xiaomi Mi A1. Informasi menyebut, aplikasi Lens telah hadir di kamera Pixel, Pixel 2, Sony Xperia XZ2, dan XZ2 Compact.

Baru-baru ini, Google juga dilaporkan akan meluncurkan pembaruan untuk layanan Google Photos. Lewat pembaruan tersebut, nantinya Google Photos bakal memiliki fitur-fitur baru berupa ikon berbentuk bintang yang terletak di kanan atas setiap foto yang ditampilkan untuk dapat menandainya sebagai foto-foto favorit.

Selain ikon bintang untuk menandai foto-foto favorit, Google Photos juga akan punya ikon lain berupa gambar hati. Fungsinya nyaris sama seperti yang diterapkan di Instagram, yakni untuk menyukai foto yang terdapat di album. Google juga tak lupa meningkatkan kemampuan Google Photos dengan menambahkan teknologi berbasis Artificial Intelligence.

Teknologi tersebut bernama Color Pop yang secara otomatis mengubah warna latar belakang foto menjadi hitam dan putih. Meski demikian, warna objek utama yang teridentifikasi oleh sistem tidak berubah sehingga akan menghasilkan foto dengan warna berkesan pop. [SN/IF]

Sumber: The verge

 

3 KOMENTAR

  1. Google lens made much easier for people to search anything from images. Sometimes searching with words doesn’t help, you need a sample to give to google so it can show you the related images or any file. I have used it for my CIPD assignment writing services to find if someone copied my assignment.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI