APPS

Google Hangouts Segera Menemui Ajal Sebelum Akhir Tahun Ini

Sigit Nugraha
Share

Telset.id, Jakarta – Google Hangouts segera menemui ajal. Setelah sempat tertunda, aplikasi obrolan Google itu benar-benar akan dipensiunkan jelang akhir tahun ini. Lantas, apakah Hangouts bakal musnah total?

Para pengguna Hangout akhirnya harus mengucapkan selamat tinggal pada aplikasi obrolan tersebut. Google mengumumkan akan menutupnya sebelum November 2022.

Jika Anda masih menggunakan Hangouts versi mobile, Anda akan melihat notifikasi untuk pindah ke aplikasi Google Chat atau di obrolan di Gmail. Raksasa mesin pencarian itu mulai memigrasikan pengguna Hangouts ke Chat sebelum November 2022.

“Hangouts telah berakhir dan digantikan oleh Google Chat,” demikian isi pesan dalam pemberitahuan perusahaan, seperti Telset kutip dari Engadget, Selasa (28/6/2022).

BACA JUGA:

Sementara untuk di Gmail, perusahaan belum mulai mendorong pengguna Hangouts untuk beralih hingga Juli 2022. Klien web Hangouts akan tersedia hingga November 2022.

Perusahaan mengatakan, pengguna akan memiliki setidaknya satu bulan peringatan sebelum halaman web platform mulai secara otomatis dialihkan ke situs Google Chat.

Menurut penjelasan perusahaan, kalau Anda masih aktif menggunakan Hangouts, perusahaan berjanji percakapan akan secara otomatis ditransfer ke aplikasi terbaru.

Karena itu, Anda juga dapat menggunakan layanan Takeout untuk mengunduh salinan data. Perusahaan telah secara bertahap menghapus Hangouts demi layanan teranyar.

Hangouts adalah platform komunikasi dari Google, termasuk perpesanan instan, percakapan video, SMS dan fitur VOIP. Ada tiga produk lain yang turut dikembangkan.

Ketiganya meliputi Google Talk, Google+ Messenger (sebelum nya Huddle), dan Hangouts. Hangouts di desain untuk masa depan produk komunikasi jarak jauh, Google Voice.

Pada 2016, Hangouts menjadi 25 pengguna dalam video HD untuk pekerjaan atau pendidikan. Aplikasi di iOS mengintegrasikan beberapa nomor Google Voice.

Namun demikian, di perangkat berbasis Android, dukungan SMS di aplikasi tidak sepenuhnya terintegrasi dengan Google Voice, baik untuk layanan panggilan maupun teks.

BACA JUGA:

Setahun kemudian, Google mulai mengembangkan dua produk komunikasi terpisah, yakni Google Meet dan Google Chat, sebagai bagian dari rangkaian kantor Google Workspace.

Perusahaan mulai transisi pengguna Workspace dari Hangouts ke Meet dan Chat pada Juni 2020. Selanjutnya, pengguna Gmail transisi dari Hangouts ke Meet dan Chat. [NM/HBS]

 

Leave a Comment