Google Blokir Aplikasi AnTuTu dari Android, Kenapa?

google blokir AnTuTu

Telset.id, Jakarta – Google benar-benar blokir AnTuTu dari ekosistem Android. Bahkan, selain menghapusnya di Google Play Store, Google pun turut blokir proses instalasi AnTuTu agar tidak terpasang di smartphone Android. Apa masalahnya?

Sebagaimana dikutip Telset.id dari Gizmochina, Jumat (10/07/2020), pengguna Android sekarang sudah tidak bisa menggunakan aplikasi benchmarking AnTuTu.

Apabali pengguna coba install AnTuTu, layanan Google Play Protect akan memberikan peringatan bahwa aplikasi tersebut (AnTuTu) dapat mengumpulkan data yang digunakan untuk melacak pengguna.

Peringatan keamanan dari Google Play Protect akan muncul ketika pengguna mencoba menginstal aplikasi AnTuTu Benchmark versi 8.3.9 dan 8.3.5.

{Baca juga: 10 Ponsel Android Terkencang Juni 2020, Mi 10 Pro Masih Juara}

Jika alasan Google melakukan blokir aplikasi AnTuTu karena isu keamanan data, anehnya aplikasi yang sama masih terdaftar di App Store milik Apple.

Padahal seperti kita tahu, Apple selama ini dikenal sebagai perusahaan yang sangat memperhatikan keamanan dan privasi data pengguna.

Tak cuma melakukan blokir dari Google Play Protect, jika pengguna mengunjungi situs AnTuTu dari Google Chrome, mereka juga akan mendapat peringatan keamanan bahwa situs berisi aplikasi berbahaya yang mengumpulkan data pengguna.

google blokir AnTuTu

Sampai berita ini diterbitkan, pihak AnTuTu belum memberikan pernyataan apapun terkait kebijakan baru yang diterapkan oleh Google.

Hilang dari Google Play Store Sejak Maret

Aplikasi AnTuTu Benchmark, termasuk aplikasi tambahan AnTuTu 3D Bench memang sudah hilang di Google Play Store sejak Maret lalu.

Berdasarkan informasi dari GizChina, AnTuTu Benchmark yang hilang dari Google Play Store terkait dengan tindakan tegas Google terhadap pengembang AnTuTu. Pengembang AnTuTu dicurigai memiliki hubungan dengan developer Cheetah Mobile.

{Baca juga: Reviewer Kaget! AnTuTu Benchmark Hilang dari Google Play Store}

Cheetah Mobile sendiri belakangan diketahui telah melanggar kebijakan Google, dan seluruh aplikasinya telah dihapus dari Google Play Store sejak bulan lalu.

Sementara itu, AnTuTu dianggap memiliki hubungan dengan Cheetah mobile, karena mereka menyematkan link ke situs resmi Cheetah Mobile.

AnTuTu Hilang Playstore

Usai “ditendang” dari Google Play Store, pihak AnTuTu langsung membela diri. Mereka menegaskan bahwa AnTuTu bukanlah aplikasi yang diciptakan oleh developer Cheetah Mobile.

Menurut Amelie Liu selaku Global Marketing Manager AnTuTu menyatakan bahwa Google telah salah paham, dan ia menegaskan bahwa AnTuTu tidak terkait dengan Cheetah Mobile.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Terbaru}

”Tim telah menerima email pemberitahuan dari Google pada 7 Maret yang memberi tahu kami bahwa Antutu adalah salah satu akun penerbit terkait Cheetah Mobile, semua aplikasi AnTuTu dihapus dari Play Store. Namun faktanya, kami pikir ada beberapa kesalahpahaman tentang itu. AnTuTu bukan akun terkait Cheetah Mobile,” jelasnya.

Lebih lanjut, Amelie menyatakan bahwa AnTuTu sudah lebih dahulu ada sebelum Cheetah Mobile didirikan. Baik AnTuTu maupun Cheetah Mobile, keduanya adalah perusahaan pengembang independen yang terpisah satu sama lain.

{Baca Juga: MediaTek Dimensity 1000L Libas Snapdragon 765G di AnTuTu }

Sayangnya, hingga saat ini belum ada tanggapan langsung dari Google terkait hilangnya aplikasi-aplikasi AnTuTu di Google Play Store. Dan, sampai saat ini aplikasi khusus reviewer itu masih lenyap dari toko aplikasi Android tersebut. (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here