telset

Google Umumkan Android 12L, Optimal untuk Smartphone Lipat

Telset.id, Jakarta – Google mengumumkan bakal menghadirkan pembaruan Android 12L. Ini merupakan sistem operasi Android khusus yang ditujukan untuk perangkat dengan layar lebih lebar, seperti tablet, smartphone lipat dan perangkat yang menjalankan ChromeOS.

Android 12L rencananya akan dirilis awal tahun depan, tetapi Anda dapat mencoba fitur yang ada terlebih dahulu di halaman developer preview 12L. Melalui laman tersebut Anda dapat mengunduh emulator 12L untuk memulai mencoba.

Google juga mengatakan bahwa mereka bekerja dengan mitra OEM untuk meluncurkan pembaruan 12L, dan developer preview 12L untuk tablet Lenovo P12 Pro sedang dalam pengerjaan.

Baca Juga: Emulator Android Ringan dan Terbaik untuk PC

Berikut beberapa fitur yang nantinya akan dapat ditemukan di pembaruan sistem operasi Android 12L.

Fitur Android 12L

12L multitasking

Dilansir dari TheVerge, Jumat (29/10/2021), Android 12L telah dioptimalkan dari tata letak UI, menyesuaikan penempatan layar beranda, layar kunci, notifikasi, quick settings, dan lain sebagainya.

Google mencatat bahwa setiap layar dengan kerapatan layar 600 piksel dan di atasnya akan menampilkan tata letak dua kolom yang memanfaatkan seluruh layar.

Baca Juga: Cara Menjalankan Aplikasi Android di PC/Laptop Windows 11

Dalam contoh yang ditunjukkan oleh Google, menu Quick Settings didorong ke sisi kiri layar, sementara panel notifikasi digeser ke sisi kanan, memungkinkan pengguna untuk mengakses keduanya secara bersamaan.

Selain itu, Google juga memperkenalkan taskbar baru pada Android 12L yang memudahkan pengguna untuk beralih di antara aplikasi satu dan yang lainnya dengan lebih cepat.

Perubahan lain yang datang pada sistem operasi baru ini adalah peningkatan letterboxing yang membuat aplikasi terlihat lebih menarik.

Baca Juga: Google Resmi Matikan Android Auto untuk Smartphone

Google membiarkan produsen perangkat mengubah ukuran, bentuk, dan warna letterboxing, serta menambahkan sudut membulat dan mengubah posisi jendela aplikasi.

Dengan begitu banyak ponsel lipat dan tablet baru yang mulai bermunculan pasar global, tidak mengherankan jika Google memutuskan untuk meluncurkan pembaruan sistem operasi khusus.

Tentu tujuannya untuk membuat pengalaman menggunakan Android lebih optimal di perangkat dengan layar yang lebih lebar tersebut. (HR/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0