telset

Google Resmi Matikan Android Auto untuk Smartphone, Ini Penggantinya!

Telset.id, Jakarta – Google resmi mematikan aplikasi Android Auto untuk smartphone. Aplikasi ini sendiri sebelumnya biasa digunakan sebagai navigasi saat mengemudi.

Sebagai penggantinya, kini pengguna bisa menggunakan mode mengemudi Google Assistant yang tersedia di Google Maps.

“Bagi mereka yang menggunakan pengalaman di ponsel, mereka kini akan dialihkan ke mode mengemudi Asisten Google,” kata Google seperti dilansir dari The Verge, Minggu (22/8/2021).

{Baca Juga: TikTok, Aplikasi dengan Download Terbanyak di Android dan iOS}

“Dimulai dengan Android 12, mode mengemudi Asisten Google akan menjadi pengalaman berkendara mobile bawaan. Kami tidak memiliki detail lebih lanjut untuk dibagikan saat ini,” sambungnya.

Google mengatakan bahwa pengalaman penggunaan tidak berubah. Kurang lebih akan tetap sama ketika  menggunakan aplikasi Android Auto di mobil yang kompatibel.

Konfirmasi Google datang setelah XDA Developer melaporkan bahwa beberapa pengguna melihat pesan di aplikasi yang mengatakan bahwa layanan tersebut “sekarang hanya tersedia untuk layar mobil” dan mengarahkan pengguna ponsel ke mode mengemudi Asisten Google sebagai pengganti.

Sementara itu, 9to5Google melaporkan bahwa aplikasi ini sekarang tidak lagi kompatibel dengan perangkat Pixel yang menjalankan Android 12.

Kiprah Android Auto

android auto
Android Auto

Debut Android Auto dimulai pada tahun 2019, ketika Google memutuskan untuk membangun sebagian besar fitur untuk smartphone berbasis Android 10, yang kompatibel dengan mobil yang mendukung fitur tersebut.

Namun kiprah aplikasi ini ternyata tak berlangsung lama setelah Google menyiapkan rencana untuk menghadirkan mode mengemudi baru di Google Assistant.

{Baca Juga: 12 Game Android Paling Aneh, Seru dan Bikin Ketagihan!}

Meski mode mengemudi di Google Assistant sudah dimumkan pada tahun 2019, namun Google belum secara gencar memperkenalkan fitur ini kepada para penggunanya.

Baru pada akhir tahun 2020 yang lalu, fitur ini mulai diluncurkan dan penggunaannya diperluas secara global. Dengan ini penggunaan mode mengemudi di Google Assistant perlahan-lahan menggantikan fungsi dari aplikasi Android Auto di smartphone.

Cukup aneh memang karena aplikasi Android Auto di smartphone memiliki umur yang terbilang pendek, seakan Google tidak menyiapkannya dengan baik.

Namun bisa jadi, kehadiran Google Assistant mampu menawarkan fitur yang lebih baik dan lebih lengkap untuk membantu pengguna ketika mengemudi. (HR/IF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0