APPS

WhatsApp Hadirkan Fitur View Once, Hapus Foto & Video Otomatis

Naufal Mamduh
Share

Telset.id, Jakarta – WhatsApp akhirnya merilis fitur View Once untuk pesan foto maupun video di aplikasi. Fitur ini dihadirkan agar pengguna bisa lebih maksimal dalam menjaga privasi mereka.

Melalui keterangan resmi, aplikasi pesan populer ini menyadari bahwa saat pengguna membuat pesan foto maupun video, maka file tersebut akan tersimpan di ponsel penerima.

Terkadang juga, pesan media yang diterima ataupun dikirimkan juga dapat memenuhi memori ponsel. Untuk itu, WhatsApp pun menghadirkan fitur View Once untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca juga: Cara Balas Chat di Grup WhatsApp Tanpa Bisa Dibaca yang Lain

“Itulah mengapa hari ini kami meluncurkan foto dan video View Once baru yang menghilang dari obrolan setelah dibuka, memberi pengguna lebih banyak kontrol atas privasi mereka,” tulis WhatsApp.

View Once adalah fitur yang memungkinkan pengguna bisa mengirim foto atau video ke pengguna lainnya. Kemudian, setelah pengguna melihat foto atau video, maka pesan akan otomatis terhapus.

WhatsApp menjelaskan bahwa fitur ini bertujuan untuk menjaga privasi pengguna, khususnya saat membagikan foto atau video sensitif. Contohnya ketika pengguna memposting foto-foto pribadi ataupun kata sandi Wi-Fi.

Fitur View One Jaga Privasi

Fitur View Once WhatsApp

“Misalnya, Anda dapat mengirim foto View Once dari beberapa pakaian baru yang Anda coba di toko, reaksi cepat terhadap momen tertentu, atau sesuatu yang sensitif seperti kata sandi Wi-Fi,” tambah WhatsApp.

WhatsApp juga menjelaskan bahwa semua pesan di fitur View Once dilindungi oleh enkripsi end-to-end. Nantinya pesan View Once akan ditandai dengan ikon “One-Time” dan “Opened”. Tujuannya agar penerima pesan tidak bingung dengan pesan yang menghilang.

Baca juga: WhatsApp Web Update Bawa Fitur ‘Sekali Lihat’ Foto dan Video

“Setelah media dilihat, pesan akan muncul sebagai ‘opened’ untuk menghindari kebingungan tentang apa yang terjadi dalam obrolan saat itu,” jelas WhatsApp.

Cara Menggunakan Fitur View Once di WhatsApp

Cara menggunakan fitur View Once juga cukup mudah. Bagi Anda yang penasaran, berikut ini tutorial selengkapnya.

  1. Pertama-tama, silakan pilih foto atau video yang ingin dikirim.
  2. Berikutnya klik ikon 1 yang ada di bawah, atau yang letaknya di samping tombol kirim.
  3. Kemudian akan muncul pop-up yang berisi informasi bahwa fitur View Once telah aktif.
  4. Lalu silakan kirim foto atau video tersebut kepada penerima yang dituju. Nantinya setelah penerima berhasil membacanya, maka foto atau video akan otomatis terhapus secara otomatis.

Fitur ini akan hadir ke pengguna mulai minggu ini. Oleh karena itu pengguna bisa segera melakukan pembaruan aplikasi WhatsApp, agar bisa menggunakan fitur tersebut.

Sedangkan bagi yang belum mendapatkannya, mohon bersabar karena mungkin saja WhatsApp memberikannya secara bertahap. (NM/MF)

Leave a Comment