telset

Video Chapter di YouTube Mudahkan Kamu untuk ‘Skip Video’

Telset.id, JakartaYouTube akan menghadirkan fitur “Video Chapter“, yang pastinya bikin Anda suka. Bagaimana tidak, fitur ini akan memudahkan Anda untuk skip video YouTube ke bagian paling diinginkan.

Sekadar informasi, sering kali kita skip video YouTube untuk menyaksikan bagian inti yang ingin kita tonton. Aktivitas itu makin sering dilakukan apabila video yang ditonton punya durasi panjang dan cenderung membosankan.

Nah, lewat fitur Video Chapter di YouTube, pengguna dimudahkan untuk mencari bagian pada video yang ingin disaksikan.

{Baca Juga: Shorts, Pesaing TikTok yang Disiapkan YouTube}

Fitur ini akan tersedia pada slide bar video, di mana akan muncul beberapa garis timestamps yang menunjukan bagian-bagian dari video.

Cukup mengarahkan kursor pada garis-garis, maka akan muncul caption dari bahasan pada tiap bagian video. Adapun pembagian timestamps ini dapat dibuat sendiri oleh kreator video.

Sebelumnya, fitur timestamps juga sudah ada di YoutTube. Namun, berbeda dengan Video Chapter, timestamps hanya menandai menit dan detik pada video, untuk nantinya akan diberi keterangan pada kolom deskripsi atau komen. Sementara untuk Video Chapter, keterangan bahasan pada video akan muncul langsung pada garis-garis di bar.

Video Chapter YouTube

Dalam sebuah video review produk misalnya. Kreator bisa memberikan Video Chapter di bagian pembahasan spesifikasi, performa, sampai kesimpulan sesuai keinginan.

{Baca Juga: YouTube Turunkan Kualitas Streaming Gegara Virus Corona}

Youtube tengah menguji fitur baru ini di platform Android, desktop dan juga iOS. Fitur tersebut juga baru bisa digunakan di beberapa channel Youtube. Uji coba yang dilakukan guna mengumpulkan feedback, baik dari para penonton YouTube maupun para konten kreator.

Fitur Video Chapter di YouTube sebenarnya memiliki kekurangan dan kelebihan bagi kreator konten. Apabila mereka menyediakan timestamps untuk video mereka, maka penonton tidak lagi menyaksikan video secara utuh.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Google Terbaru}

Tetapi di sisi lain, ketika kreator konten menyediakan timestamps untuk bagian-bagian pada video, maka akan menambah kenyamanan para penonton juga.

Selain menghadirkan fitur baru, Youtube pun menghadirkan pembaruan antar muka untuk versi web bagi para pengguna tablet. Pembaruan ini memungkinkan para pengguna untuk memperbesar dan memperkecil tampilan layar hanya dengan gesture dan usapan jari. (IR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0