Fitur Unik Android 11: Ketuk Body untuk Aktifkan Assistant

Fitur Android 11
Foto: AndroidPIT

Telset.id, Jakarta – Suksesor Android 10, yakni Android 11 diharapkan akan diperkenalkan Google di tahun ini dengan membawa beragam fitur baru. Bahkan, Google pun telah menyebarkan Developer Preview dari Android 11 bagi para developer untuk menyesuaikan aplikasi mereka.

Mengutip dari 9to5Google, Senin (24/02/2020), salah satu fitur baru yang dibawa Android 11 adalah fitur ketuk dua kali body belakang smartphone untuk aktifkan Google Assistant.

Fitur ini memiliki kode “Columbus”, dan nantinya akan pertama kali hadir di seri Google Pixel.

{Baca Juga: Yeayy! Pengguna Bisa “Cicip” Game Android Sebelum Download}

Bagaimana cara kerjanya? Yang jelas, fitur ini kemungkinan besar memanfaatkan sensor accelerometer dan juga gyroscope pada smartphone untuk menangkap gesture ketukan pada body yang dilakukan pengguna.

Terlihat dari video, fitur Columbus di Android 11 ini mampu mengenali ketukan pengguna dengan akurat. Bisa jadi, Google pun bakal menyematkan fitur yang mencegah smartphone tidak salah mengartikan ketukan tak disengaja dari pengguna.

Tak cuma dapat digunakan untuk memanggil Google Assistant, gesture ketukan dua kali pada body bagian belakang smartphone nantinya bisa dikustomasi untuk memanggil fitur lain, seperti kamera misalnya.

{Baca Juga: Emoji Jantung dan Paru-paru di Android Kini Sesuai Anatomi Tubuh}

Bukan cuma fitur ketuk dua kali saja yang bakal hadir di penerus Android 10. Ada beberapa fitur dan peningkatan baru di Android 11, antara lain dukungan layar terbaru, notifikasi, optimalisasi konektivitas 5G, Dark Themes, Screen Recording, dan lain-lain.

Saat ini versi Developer Preview dari Android 11 telah dirilis oleh Google, yang tentunya lebih ditujukan untuk kalangan pengembang. Sedangkan untuk versi Beta, nantinya akan dirilis di bulan Mei.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Google Terbaru}

Lain hal untuk versi finalnya. Diprediksi versi global update untuk Android 11 akan diumumkan di kuartal ketiga 2020.

Di versi sebelumnya, yaitu Android 10, tidak begitu banyak perubahaan dan fitur yang dihadirkan oleh Google. Salah satu fitur yang paling signifikan dihadirkan oleh Google hanyalah fitur Dark Mode. Diharapkan fitur-fitur baru di Android 11 bisa lebih fungsional dan penting bagi pengguna. (IR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here