Home APPS 6 Fitur Terbaru Android, dari Dark Mode Sampai Cek Password

6 Fitur Terbaru Android, dari Dark Mode Sampai Cek Password

Telset.id – Google telah mengumumkan update fitur terbaru untuk enam aplikasi Android, mulai dari TalkBack hingga aplikasi Android Auto. Seluruh pembaruan tersebut akan digulirkan secara bertahap kepada pengguna di seluruh dunia.

Beberapa fitur baru dihadirkan Google pada enam aplikasi Android. Misalnya saja, Dark Mode untuk Google Maps, penjadwalan pengiriman pesan di aplikasi Messages, dan lain sebagainya.

Berikut ini 6 fitur terbaru untuk aplikasi Android yang diluncurkan oleh Google, seperti dikutip Telset dari CNET, Sabtu (27/2/2021).

1. Fitur Password Checkup untuk Aplikasi Android

Password Checkup

Sebelumnya, fitur Password Checkup hanya tersedia untuk pengguna Chrome saja. Namun kini, Google menghadirkan fitur keamanan tersebut untuk para pengguna Android.

Password Checkup sangat berguna bagi Anda yang memanfaatkan Password Manager dari Google untuk mengisi otomatis username dan password di situs tertentu.

Dengan fitur ini Google akan memeriksa semua username dan password pengguna yang terdaftar, apakah terjadi kebocoran atau terungkap dalam peretasan.

{Baca juga: Seru Abis! 15 Game Naruto Terbaik di Android dan Konsol 2021}

Apabila data pengguna ditemukan dalam database yang bocor, Google akan memberikan rekomendasi untuk segera mengganti password.

Password Checkup tersedia untuk perangkat yang berjalan di Android Pie ke atas. Untuk memeriksa apakah Anda mendapatkan fitur ini atau tidak, masuk ke SettingsSystemLanguage & Input Advanced, dan pilih Autofill Service.

Pastikan Anda memilih layanan Google di bagian ini. Jika Password Checkup sudah ada di sistem ponsel, fitur ini akan memberi tahu jika ada informasi penting Anda yang bocor.

2. Dark Mode di Google Maps

Dark Mode di Google Maps

Buat Anda yang suka tampilan Dark Mode, segeralah cek pembaruan Google Maps di Play Store. Bisa jadi, Anda menjadi pengguna beruntung yang mendapatkan mode gelap di aplikasi untuk pertama kalinya.

Dark Mode memang sudah ada di Google Maps. Namun, mode tampilan gelap ini hanya aktif ketika pengguna menggunakan mode navigasi saja.

Dengan update terbaru ini, seluruh bagian Google Maps akan diselimuti warna gelap yang lebih nyaman di mata. Untuk mengaktifkannya, buka pengaturan di Google Maps, lalu pilih Theme dan tap Always in Dark Theme.

3. Pesan Terjadwal

Pesan terjadwal di Messages

Para pengguna Android yang suka menggunakan aplikasi Google Messages akan mendapatkan fitur terbaru yang bermanfaat sekali. Fitur ini memungkinkan mereka untuk mengirimkan pesan terjadwal.

Penjadwalan pesan sangat berguna, khususnya apabila pengguna tidak ingin mengganggu si penerima, atau jika penerima tersebut sedang berada di zona waktu yang berbeda.

{Baca juga: Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android, Mudah dan lebih Aman}

Bagaimana cara menggunakannya? Ketika sudah mendapatkan pembaruan, ketikkan pesan seperti biasanya. Tapi, saat hendak mengirimkan pesan, jangan tekan tombol Send.

Tekan dan tahan tombol Send, dan akan terlihat menu pop-up untuk menentukan kapan pesan akan dikirimkan ke penerima.

4. TalkBack Lebih Mudah Digunakan

TalkBack

Fitur TalkBack yang biasanya terdapat di menu aksesibilitas Android juga mendapatkan pembaruan besar. Fitur yang biasanya membantu pengguna tunanetra atau gangguan penglihatan untuk menavigasi perangkat Android mereka ini disematkan fitur terbaru.

Update ini menawarkan gestur, opsi navigasi, feedback lisan, dan menu yang baru. TalkBack kini memiliki gestur multi-touch baru untuk perangkat Pixel dan Samsung Galaxy.

Ada juga perintah suara yang baru, dukungan dua bahasa di keyboard braille, dan fitur bermanfaat lainnya.

5. Google Assistant

Google Assistant

Pengguna kini bisa mengakses asisten pintar Google tanpa harus menyentuh ponsel mereka. Pengguna dapat memanggil Google Assistant dengan suara, bahkan saat layar ponsel dalam keadaan mati atau terkunci.

Google juga mengatakan bahwa kartu yang menampilkan informasi sekarang berukuran lebih besar. Hal tersebut membuatnya lebih mudah dibaca oleh pengguna dari jarak yang jauh.

{Baca juga: Kenali Codec Audio Bluetooth Android & Cara Menggantinya}

Untuk memastikan fitur ini berfungsi, aktifkan Lock Screen Personal Results di pengaturan Google Assistant.

6. Fitur Kustomisasi Terbaru Android Auto

Android Auto

Pengguna Android Auto juga mendapatkan fitur terbaru dari Google. Fitur ini memungkinkan mereka untuk mengatur wallpaper khusus yang ditampilkan pada layar kendaraan.

Google pun menambahkan game yang dapat diaktifkan dengan suara, dan dapat dimainkan oleh penumpang selama perjalanan jauh. Salah satu game yang dihadirkan Google adalah Jeopardy.

Selain itu, Google juga menambahkan pintasan ke halaman utama Android Auto yang memudahkan pengguna untuk melihat update cuaca atau akses cepat ke kontak untuk mengirim pesan atau melakukan panggilan telepon.

Nah, itu dia rangkuman 6 fitur baru yang dihadirkan Google pada aplikasi Android. Segera cek pembaruan di ponsel Android Anda ya, sob! (MF)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version