APPS

Apple Akhirnya Izinkan Pengguna Kasih Rating di App Store

Naufal Mamduh
Share

Telset.id, Jakarta – Akhirnya, pengguna iPhone ataupun iPad sudah bisa memberikan rating untuk aplikasi di App Store. Fitur ini sudah sejak lama ada di platform toko aplikasi pesaing seperti Google Play Store.

Selama bertahun-tahun, Apple telah mengizinkan pengguna download banyak aplikasi dan game di App Store. Sayangnya pengguna tidak berikan kesempatan untuk memberikan review terhadap aplikasi yang dipakai.

Beruntung kini fitur rating aplikasi muncul di App Store. Pengguna bisa membuat penilaian sesuai pengalaman mereka terhadap aplikasi dan game di App Store.

Fitur ini sepertinya sudah dirilis sejak beberapa hari lalu. Hal itu terlihat karena sudah ada beberapa aplikasi yang mendapatkan penilaian dari pengguna.

Misalnya beberapa aplikasi buatan Apple yang memiliki review kecil. Aplikasi seperti Files, Apple Maps, dan Home yang memiliki rating 3 sampai 3,5 dari total 5 bintang.

{Baca juga: Fitur Ini Bikin iPhone 13 Bermasalah}

Lebih parah, aplikasi Apple News dan Podcast bahkan mendapatkan rating 2 saja. Dilansir Telset dari The Verge pada Kamis (30/9/2021), diduga penyebab skor yang kecil karena baru sedikit pengguna yang memberikan ulasan.

Di sisi lain, aplikasi-aplikasi terkenal seperti Facebook, TikTok, sampai Gmail, memiliki rating yang tinggi karena sudah banyak yang memberikan penilaian.

Kehadiran fitur rating di App Store menjadi langkah positif yang diambil Apple. Dengan begitu, review dari pengguna bisa menjadi referensi pengguna lainnya sebelum melakukan pengunduhan.

Sedangkan bagi pengembang, berbagai ulasan pengguna bisa menjadi masukan untuk perbaikan aplikasi ke depannya.

Belanja di App Store Bisa Pakai GoPay

Sebelumnya Apple telah bekerja sama dengan Gojek. Melalui kerja sama tersebut kini GoPay dapat digunakan sebagai metode pembayaran di App Store, dan beberapa layanan Apple lainnya.

Selama ini pengguna iPhone, harus menggunakan kartu kredit untuk melakukan pembelian aplikasi, game atau berlangganan Apple Music. Namun kini pengguna menjadi lebih mudah berkat kehadiran GoPay.

{Baca juga: Cara Beli Aplikasi di App Store}

Menurut Chief Marketing Officer GoPay, Fibriyani Elastria, pengguna dapat menggunakan GoPay untuk membayar transaksi pembelian di App Store, Apple Music, Apple Arcade, Apple TV, iTunes, penyimpanan iCloud, dan layanan lainnya.

“Sebagai layanan pembayaran yang terpercaya dan terkemuka kami sangat senang dapat menghadirkan GoPay sebagai salah satu metode pembayaran untuk layanan Apple,” ujar Fibriyani lewat keterangan resmi pada Selasa (7/9/2021). (NM/MF)

Leave a Comment