Fitur Kamera Google Translate Bisa Terjemahkan 39 Bahasa

Telset.id, Jakarta – Akhir-akhir ini Google rajin memperbarui aplikasi-aplikasi besutannya, termasuk pada fitur terjemahan Kamera (camera translation) di Google Translate. Pembaruan tersebut adalah dengan menambah 13 bahasa baru.

Kini Google Translate total punya 39 bahasa yang bisa diterjemahkan setelah ada pembaruan fitur Kamera Google Translate.

13 bahasa baru yang ditambahkan pada fitur Kamera Google itu antara lain Arab, Thai, Vietnam, Hindi, Bengali, Gujarati, Kannada, Malayalam, Marathi, Nepali, Punjabi, Tamil, dan Telugu.

Fitur terjemahan Kamera ini sangat membantu penggunanya, terutama pelancong, untuk mengetahui terjemahan kata-kata asing dengan hanya memfoto tulisannya dengan kamera smartphone.

Hasil terjemahan akan ditampilkan berdampingan dengan foto dalam jendela terpisah seperti melakukan terjemahan biasa.

Aplikasi ini membuat pengguna bisa menerjemahkan antara dua bahasa yang tercantum di atas, misalnya menjepret foto Bahasa Thai dan menerjemahkan ke bahasa Arab atau Bahasa Tamil ke Bahasa Hindi dan seterusnya.

Penambahan bahasa baru tersebut sedang diupayakan bisa tersedia untuk perangkat Android dan iOS mulai hari ini.

Sebelumnya raksasa teknologi Amerika Serikat (AS) ini resmi merilis Voice Access. Voice Access merupakan aplikasi yang menawarkan dukungan hands-free untuk pengguna disabilitas.

Mulai Kamis (4/10/2018), Voice Access tersedia secara global dengan dukungan perintah berbahasa Inggris. Namun, tidak menutup kemungkinan, Google akan menghadirkan dukungan bahasa lain di layanan tersebut.

Memanfaatkan Voice Access, pengguna perangkat berbasis Android bakal bisa melakukan navigasi melalui aplikasi. Pengguna juga bisa membuat dan mengedit teks tanpa tangan serta berbicara dengan Google Assistant.

Baca juga: Google Rilis Aplikasi “Penggaris Digital”

Menurut Phone Arena, Google menyatakan bahwa Voice Access menawarkan kontrol lebih halus dibanding perintah suara lain. Tak cuma itu, Voice Access juga membawa sejumlah fitur menarik bagi pengguna Android.

Fitur Voice Access yang paling penting adalah opsi untuk mengetuk tombol dan kontrol atau skrol dan navigasi layar menggunakan suara. Voice Access pun diyakini berguna bagi mereka yang menderita parkinson.

Fitur tersebut berguna pula bagi mereka yang mengalami cedera tulang belakang. Google mengklaim, Voice Access akan membantu memudahkan pengguna disabilitas dalam berkomunikasi melalui gadget. [WS/HBS]

Sumber: PhoneArena

Previous articleCara Nokia Rebut Kembali Pasar Ponsel Indonesia
Next articleHands-on Samsung Galaxy A9 (2018), Pertama dengan Empat Kamera

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here