Beberapa Fitur HarmonyOS Terungkap, Tampilan Mirip EMUI 11

Telset.id, Jakarta – Video berdurasi empat menit yang muncul di situs Weibo memberikan kejelasan kepada kita tentang fitur dan beberapa perbaikan yang dibawa Huawei untuk sistem operasi HarmonyOS. Apa saja hal yang baru pada sistem operasi buatan Huawei ini?

HarmonyOS sudah menjadi topik hangat yang kerap dibicarakan para gadget enthusiast di seluruh dunia. Bagaimana tidak, sistem operasi ini dipersiapkan Huawei untuk menggantikan Android buatan Google yang kian populer.

HarmonyOS pertama kali diperlihatkan ke publik pada smartphone lipat terbaru Huawei Mate X2. Huawei pun berencana untuk menyematkan OS buatannya pada beberapa model terbaru lainnya di tahun ini.

Hal ini dipastikan langsung oleh Wang Chenglu selaku President of CBG Software – Huawei. Dilansir Telset dari Sparrow News, Rabu (5/5/2021), ia mengatakan bahwa ponsel Huawei akan mendapatkan sistem HarmonyOS dari awal Juni tahun ini.

{Baca juga: Disiksa JerryRigEverything, Huawei Mate X2 Sulit Dipatahkan}

“Ponsel Huawei dari awal Juni akan mendapatkan peningkatan sistem HarmonyOS (dari sisi konsumen). Silakan untuk memperbaruinya dengan antusias,” katanya.

Dengan kata lain, dalam satu bulan lagi, beberapa model HP terbaru Huawei akan mendapatkan HarmonyOS, seperti seri Mate 40, P40, Mate 30, hingga Mate X2. Setelahnya, barulah beberapa model smartphone lainnya secara bertahap mendapatkan pembaruan OS ini.

Beberapa Fitur Baru HarmonyOS

Fitur Huawei HarmonyOS

Menjelang digulirkannya update HarmonyOS oleh Huawei, muncul video berdurasi empat menit yang memperlihatkan sejumlah fitur dan beberapa perubahan yang dibawa oleh HarmonyOS versi 2.0.

Video yang tersebar di Weibo itu memperlihatkan Huawei Mate 40 Pro yang sudah berjalan di sistem operasi pengganti Android tersebut.

Dari video terlihat, perubahan paling drastis adalah Control Center yang baru. Menu ini dapat dimunculkan dengan swipe sudut kanan atas layar ke bawah, bukan swipe layar dari mana saja seperti memperlihatkan bar notifikasi di Android.

{Baca juga: Foto Huawei P50 Bocor, Punya Empat Kamera dan Harmony OS}

HarmonyOS juga terlihat memiliki transisi aplikasi yang lebih cepat. Namun, pengunggah video mengingatkan kalau transisi cepat ini hanya berlaku untuk aplikasi bawaan saja.

Secara visual, HarmonyOS 2.0 juga terlihat hampir menyerupai EMUI 11 berbasis Android AOSP (HMS). Ada juga beberapa bug atau kesalahan sistem yang terlihat di sini.

Namun perlu diingat, ini adalah versi Developer Beta yang masih jauh dari perilisan resminya. So, kita nantikan saja kehadiran update HarmonyOS 2.0 ini dari Huawei. (MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -