Apple Bakal Luncurkan Fitur Deteksi Foto Telanjang di Message

Telset.id, Jakarta – Apple memperbarui fitur keamanan komunikasi bagi pengguna iPhone dan perangkat lainnya di Inggris, Kanada, Australia, dan Selandia Baru. Update fitur Apple ini memungkinkan sistem deteksi foto atau konten telanjang di aplikasi Messages di iPhone, iPad, dan perangkat Mac.

Update fitur ini merupakan bagian dari kampanye perlindungan anak yang diperkenalkan Apple pada sistem operasi iOS 15. Akan tetapi, hadirnya fitur ini menimbulkan kontroversi.

Pengguna khawatir privasi mereka terganggu, meski fitur tersebut diketahui akan segera dirilis resmi di banyak negara. Namun Apple membela diri kalau deteksi foto telanjang hanya terjadi pada perangkat saja.

Baca juga: Update iOS 15.4 Bikin Baterai Boros

Seperti dilansir Telset dari The Verge pada Jumat (22/4/2022), pemindaian foto telanjang sama sekali tidak memengaruhi enkripsi end-to-end di aplikasi Messages.

Cara kerja fitur ini, sistem nantinya akan memindai foto yang bermuatan “eksplisit secara seksual” untuk melindungi anak-anak. Saat sistem menemukan foto telanjang di aplikasi Message, Apple langsung memburamkan foto dan memberikan peringatan kepada anak-anak agar tidak melihat gambar dan segera meninggalkan percakapan.

“Anda tidak sendirian dan selalu mendapatkan bantuan dari seseorang yang Anda percaya atau profesional yang terlatih. Anda juga bisa memblokir orang (pengirim pesan) ini,” bunyi peringatan tersebut.

Peringatan ini sekaligus menampilkan tiga tombol, yakni Message SomeoneOther Ways to Get Help, dan Block Contact. Hebatnya, fitur ini bekerja secara dua arah.

Baca juga: Update iOS 15.4 Tuai Kontroversi

Maksudnya, saat sistem mendeteksi ada foto telanjang atau bermuatan konten seksual yang ingin dikirim oleh seorang anak, Apple juga bakal memberikan perlindungan tambahan.

Apple langsung menyarankan sang anak untuk tidak mengirimkannya dan segera memanggil orang tua atau orang dewasa sesegera mungkin.

Tak hanya itu saja, Apple juga akan memperluas peluncuran fitur baru untuk pencarian Spotlight, Siri, dan Safari yang akan mengarahkan pengguna ke sumber keamanan jika mereka mencari topik yang berkaitan dengan pelecehan seksual anak. (MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0