APPS

4 Fitur Baru Telegram untuk Android dan iOS, Apa Saja?

Naufal Mamduh
Share

Telset.id, Jakarta – Segera update aplikasi Telegram di HP Android dan iOS Anda. Pasalnya, Telegram baru saja menghadirkan pembaruan yang membawa beberapa fitur mulai dari tema hingga emoji.

Setidaknya ada 4 fitur yang hadir di aplikasi pesaing WhatsApp ini, antara lain Chat Themes, Interactive Emoji, Group Read Receipts, dan Record live streams and video chats.

“Pada pembaruan kali ini, Anda dapat memasang tema berbeda untuk tiap obrolan pribadi, untuk menunjukkan perasaan ke orang tersayang menggunakan emoji interaktif, info bahwa pesan sudah dibaca di grup dan rekam video dari tayangan langsung,” kata Telegram.

{Baca juga: Kapasitas Video Call Grup di Telegram Naik jadi 1.000 Orang}

1. Chat Themes

Salah satu fitur baru yang Anda dapatkan ketika update aplikasi Telegram di HP Android ataupun iPhone adalah Chat Themes. Total, ada 8 tema baru untuk kolom chat, dan Anda bisa memilihnya sesuai keinginan.

Anda dan lawan bicara bisa membedakan tema kolom chat sehingga percakapan bisa semakin seru.

Chat Themes

“Pada kesempatan kali ini, Anda dapat menikmati tema baru untuk obrolan pribadi dengan dekorasi dan koordinasi yang lebih keren. Desainer kami membuat 8 tema yang dapat Anda gunakan di tiap obrolan pribadi,” tutur tim Telegram.

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda hanya perlu mengetuk tanda titik 3 vertikal ( ), dan pilih Change Colors. Sedangkan untuk iOS, Anda dapat klik tanda titik 3 horizontal ( ), dan pilih Change Colors.

2. Interactive Emoji

Fitur selanjutnya yang akan didapatkan setelah update aplikasi Telegram di HP Android dan iPhone adalah Interactive Emoji. Fitur ini bikin chatting-an via Telegram makin asyik, karena emoji yang ditekan akan memberikan efek yang menarik pada layar.

Ada beberapa emoji terkenal seperti emoji hati, balon, tanda jempol, dan lain sebagainya, yang mampu menampilkan efek penuh dalam 1 layar.

{Baca juga: 5 Fitur Keamanan Telegram, Chatting Makin Aman dan Nyaman}

“Kami sangat suka dengan emoji animasi, tapi akan lebih keren jika emoji hati yang berdetak memberikan efek yang lebih hidup seperti memberikan getaran sehingga Anda dapat menyampaikan perasaan Anda,” tulis Telegram.

Emoji

Untuk menggunakan fitur tersebut, pastikan Anda dan teman Anda telah update aplikasi. Jika sudah diperbarui, Anda tinggal bagikan emoji ke teman, seperti hati atau tanda jempol dan minta ia untuk menekan emoji tersebut. Nantinya emoji akan keluar memenuhi layar Anda.

{Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Bikin Stiker Lucu di Aplikasi Telegram}

3. Group Read Receipts

Ketiga adalah Group Read Receipts. Dengan fitur terbaru Telegram ini, Anda jadi tahu siapa saja yang telah membaca pesan Anda di dalam sebuah grup. Cara menggunakan fitur Group Read Receipts juga mudah.

Update Aplikasi Telegram

Sama halnya seperti tips WhatsApp, Anda tinggal mengklik pesan dan pilih pesan yang telah dibaca atau dengan tanda (✓✓). Nantinya Anda akan melihat siapa saja anggota grup yang telah membaca pesan Anda. Demi menjaga privasi, informasi tanda sudah dibaca hanya disimpan selama 7 hari setelah pesan dikirim.

4. Record Live Streams and Video Chats

Fitur terakhir yang bisa dimanfaatkan setelah update aplikasi Telegram di HP Android dan iPhone adalah Record live streams and video chats.

Selama ini pengguna Telegram bisa membuat live streaming baik dalam format audio atau video di grup Telegram. Supaya lebih maksimal, sekarang Anda bisa merekam konten live streaming tersebut.

{Baca juga: Telegram Rilis Fitur Group Video Call, Begini Cara Menggunakannya}

Untuk merekamnya Anda harus menjadi admin terlebih dahulu ketika ingin merekam konten live streaming. Lalu, ketuk tanda titik 3 vertikal ( ) atau horizontal ( ) untuk membuka menu siaran dan mulai merekam.

Record live streams and video chats

Kira-kira itu tadi keempat fitur baru yang ada di update Telegram. Bagi yang penasaran dan ingin mencobanya, silakan Anda buka update aplikasi Telegram di HP Android ataupun iOS Anda. (NM/MF)

Leave a Comment