Home APPS 4 Fitur Baru Hadir di Google Maps, Ada Live View AR!

4 Fitur Baru Hadir di Google Maps, Ada Live View AR!

Telset.id, Jakarta – Tak cuma Android 12 saja, Google pun mengumumkan rangkaian fitur baru dan peningkatan layanan pada aplikasi Maps di acara Google I/O 2021. Kira-kira apa saja fitur terbaru di aplikasi tersebut?

Google I/O merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh raksasa internet asal Amerika Serikat tersebut. Di ajang tersebut, Google biasanya memperkenalkan produk baru atau fitur baru yang didukung dengan teknologi canggih.

Di Google I/O tahun ini, perusahaan memperkenalkan 4 fitur terbaru dan peningkatan layanan yang dihadirkan untuk aplikasi Google Maps.

{Baca juga: 10 Cara Memperbaiki Google Maps Error & Tidak Bisa Dibuka, Gampang!}

Dilansir Telset dari Indian Express pada Kamis (20/5/2021), seluruh fitur ini mencakup peta jalan yang lebih detail, fitur navigasi yang lebih akurat, peningkatan fitur Live View, dan layanan Maps yang sifatnya lebih personal.

  1. Peta Jalan yang Lebih Detail

    Peta jalan lebih detail di Google Maps

    Google Maps kini menampilkan peta jalan yang lebih detail. Fitur terbaru itu memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau AI yang dapat menunjukan kepada pengguna jika bertemu penghalang di jalan, seperti trotoar dan area penyebrangan jalan.

    Fitur ini sengaja dihadirkan untuk membantu pejalan kaki serta kaum disabilitas yang menggunakan kursi roda untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya. Sebenarnya fitur ini sudah diumumkan pada Agustus 2020, namun Google hanya merilisnya di beberapa kota saja.

    Di Google I/O 2021, raksasa internet ini berencana untuk meluncurkan fitur terbaru di Google Maps untuk 50 kota termasuk Berlin, Sao Paulo, dan Seattle pada akhir 2021.

  2. Fitur Live View 

    Live View berbasis AR

    Google Maps pun sudah disematkan fitur berbasis AR atau augmented reality bernama Live View. Fitur ini membantu pengguna yang menjelajahi lingkungan baru. Pengguna dapat mengaksesnya langsung dari aplikasi saat ingin melihat detail dari toko atau restoran terdekat.

    {Baca juga: Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline, Gak Perlu Internet}

    Pengguna dapat mengetahui informasi perihal ulasan dan foto terbaru mengenai tempat tersebut. Selain itu, Live View akan menampilkan rambu jalan yang berguna untuk persimpangan jalan yang kompleks.

  3. Navigasi yang Lebih Akurat

    Navigasi di Google Maps lebih akurat

    Google Maps menggunakan machine learning untuk memberikan informasi navigasi yang lebih akurat. Tujuannya untuk membantu pengguna agar terhindar dari pengereman mendadak dan mendapatkan rute yang paling optimal.

    Saat pengguna memilih untuk mendapatkan petunjuk arah di Maps, nantinya layanan navigasi ini menghitung beberapa opsi rute ke tujuan berdasarkan beberapa faktor.

    {Baca juga: 4 Hal yang Diharapkan dan Paling Ditunggu di Google I/O 2021}

    Google Maps sekarang menampilkan rute tercepat dan mengidentifikasi rute mana yang cenderung mengurangi peluang pengguna untuk menghadapi momen pengereman yang berat.

  4. Google Maps Lebih Personal 

    Google Maps juga kini lebih personal

    Fitur lainnya, Google Maps lebih personal bagi pengguna. Maps akan menampilkan tempat sarapan dan kedai kopi di pagi hari. Nanti di siang hari, Google Maps dapat menampilkan tempat makan siang terbaik dan makan malam paling digemari.

Lalu jika pengguna bepergian ke suatu tempat, layanan akan lebih menyoroti tujuan dan landmark wisata populer serta area populer di suatu kota. Adanya fitur baru ini diharapkan dapat memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna Google Maps. (NM/MF)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Exit mobile version