Google Siapkan Fitur Khusus Demi Batasi Penggunaan Gadget

Children using technology on sofa

Telset.id, Jakarta – Google berencana menghadirkan fitur khusus untuk mengatur durasi penggunaan gadget. Keberadaan fitur tersebut bakal berguna untuk membantu pengguna yang hidupnya kadung tersandera oleh perangkat.

Dilansir Digital Trend, fitur khusus buatan Google akan membantu pengguna mengelola pemakaian piranti. Namun demikian, Google belum mengungkapkan bentuknya. Kabar beredar, fitur itu rilis bersamaan Android P.

Rencana kehadiran fitur tersebut disampaikan oleh CEO Google, Sundar Pichai, pada pembukaan Google I/O, Selasa (8/5) waktu Amerika Serikat. Google I/O adalah acara pertemuan pengembang tahunan yang diadakan oleh Google.

Washington Post melaporkan, fitur pengatur penggunaan gadget milik Google akan berbeda dengan layanan Family Link. Fitur itu bisa digunakan oleh orangtua untuk membatasi akses perangkat untuk anak berumur kurang dari 12 tahun.

Awal 2018, dua pemegang saham terbesar juga melayangkan surat terbuka kepada Apple. Isinya menyangkut reaksi perusahaan tersebut terkait masalah semakin tidak bisa lepasnya anak-anak muda dari gadget.

Dua pemegang saham itu adalah aktivis Jana Partners dan California State Teacher’s Retirement System yang sama-sama mengantongi total 2 miliar dolar Amerika Serikat dari kepmilikan Apple. Mereka meminta kepada Apple untuk membantu  orangtua membatasi akses anak-anak  ke internet.

Caranya, mereka meminta kepada Apple untuk membuat perangkat lunak baru dan mengkaji lebih jauh tentang penggunaan ponsel secara berlebihan serta dampaknya terhadap kesehatan mental. Namun, belum ada tindak lanjut dari Apple terkait permintaan ini. [SN/IF]

Source Link 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here