APPS

Fitur Baru Android Bisa Deteksi Batuk dan Ngorok Saat Tidur

Sigit Nugraha
Share

Telset.id – Google akan menghadirkan fitur baru Android yang bisa deteksi batuk dan ngorok saat Anda tidur. Ada baris kode dalam file instalasi aplikasi Google Health Studies.

Menurut laporan 9to5Google, Telset kutip dari Phone Arena, Jumat (27/5/2022), baris kode mengungkap bahwa Google sedang melakukan penelitian Sleep Audio Collection.

BACA JUGA: Cara Mudah Kloning Data Antar Smartphone Android

“Anda harus menjadi karyawan penuh waktu Google dan memiliki smartphone untuk berpartisipasi dalam penelitian ini,” demikian pernyataan resmi dari perusahaan.

Kondisi lingkungan untuk penelitian tersebut adalah tidak lebih dari satu orang dewasa tidur di kamar yang sama dan tidak sedang bekerja untuk perusahaan pesaing Google.

Dengan eksperimen itu, Google mengumpulkan berbagai data untuk melakukan validasi, menyesuaikan, dan mengembangkan algoritma dan kemampuan penginderaan.

Selanjutnya, semua data bakal masuk proses analisa Google dan bakal hadir di perangkat Android. Google bakal menghadirkannya jika proses analisa sudah sesuai konsep.

Algoritma batuk dan mendengkur akan muncul sebagai fitur baru Android untuk pelacakan tidur untuk Anda, pengguna akhir. Fungsinya untuk memantau apakah Anda batuk atau ngorok selama tidur.

BACA JUGA: Update Android 13 Disebar, Xiaomi 12 dan Zenfone 8 Kebagian

Lebih lanjut, Google menjelaskan,  fungsi fitur baru ini akan bekerja dengan cara menjaga privasi. Semua informasi akan melewati proses dan masuk secara lokal di smartphone.

Menurut Google, fitur baru Android itu akan memberi pengguna wawasan berarti tentang tidur. Google mengklaim, fitur pendeteksi ngorok ini memiliki banyak keunggulan.

Pengguna bakal mempunyai informasi lebih lanjut tentang bagaimana ketika tidur. Fitur baru Android tersebut akan membantu orang yang berjuang melawan apnea tidur.

Sayang, belum ada kabar soal bagaimana dan kapan Google berencana menerapkan fitur baru Android untuk pelacakan mendengkur itu. Apakah fitur baru akan hadir di semua perangkat?

BACA JUGA: Kehebatan HP dengan Android 13

Fitur baru Android itu sebenarnya sangat mirip SnoreLab, SnoreClock, dan Goodsomnia Lab yang juga bisa mendeteksi seseorang mendengkur manakala tengah tidur pulas. [SN/HBS]

Leave a Comment