Fitur Arsip Aplikasi akan Hadir di HP Android, Memori jadi Lega

Telset.id, Jakarta – Fitur arsip pada HP Android biasanya berlaku untuk file saja. Tapi ke depannya, HP Android akan memiliki kemampuan untuk arsip aplikasi sebagai salah satu cara mengosongkan memori penyimpanan yang penuh.

Asal tahu saja, salah satu masalah yang sering dihadapi pengguna HP Android adalah tidak bisa download aplikasi gara-gara memori penyimpanan yang sudah penuh.

Alhasil, pengguna pun terpaksa harus menghapus beberapa aplikasi untuk mengunduh aplikasi lainnya. Google menyadari masalah tersebut dan memutuskan untuk mengembangkan fitur arsip aplikasi untuk HP Android.

Melalui fitur tersebut, pengguna dimungkinkan untuk mengarsipkan aplikasi alih-alih menghapusnya. Menurut Google, cara ini menjadi metode yang ampuh untuk mengosongkan memori penyimpanan HP Android yang sudah penuh.

Baca juga: Cara Hapus Cache di HP Android

Setidaknya, smartphone akan mendapatkan mendapatkan kembali 60% memori dari total memori yang dipakai sebuah aplikasi. Sebab dengan mengarsipkan Google hanya menghapus beberapa bagian dari aplikasi dan tidak dihapus seluruhnya.

“Pengarsipan adalah fungsi baru yang akan memungkinkan pengguna untuk mendapatkan kembali 60% memori karena fitur ini akan menghapus bagian dari aplikasi daripada mencopotnya sepenuhnya,” jelas Google.

Ketika aplikasi diarsipkan, ikonnya akan tetap ada. Nantinya bagi pengguna yang ingin mengaktifkan aplikasi tinggal mengetuk ikon untuk mengunduh sisa data supaya dapat berfungsi kembali.

“Aplikasi yang diarsipkan akan tetap ada di perangkat dan dapat dengan mudah dikembalikan ke versi kompatibel terbaru yang tersedia, sambil menjaga data pengguna,” tutup Google.

Google tidak menjelaskan kapan fitur tersebut dirilis. Semoga saja fitur segera hadir ke seluruh pengguna Android dalam waktu dekat.

Baca Juga: 11 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di HP Android

Cara Mengosongkan Memori HP Android

Cara mengosongkan memori penyimpanan HP Android penuh

Sambil menanti ketersediaan fitur arsip aplikasi, sebaiknya Anda ikuti cara mengosongkan memori penyimpanan di HP Android agar tidak penuh lagi. Ada beberapa tipsnya, seperti hapus cache atau file sampah, data yang terlalu besar, sampai menghapus aplikasi yang tidak terpakai.

Baca juga: 5 Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card, Cepat dan Mudah

Menghapus file sampah misalnya, Anda bisa masuk ke bagian Settings dan pilih Storage atau penyimpanan. Untuk beberapa HP terbaru seperti Xiaomi, Samsung, dan sebagainya, di menu ini biasanya akan ditampilkan besaran file di tiap kategorinya.

Untuk menghapus file sampai, tekan tombol Free Up atau Clean Up yang biasanya terletak di bagian terbawah. Tunggu beberapa saat, memori penyimpanan jadi lega kembali. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0