telset

Facebook Rilis ‘Messenger Kids’, Aplikasi Chatting Khusus Anak

Telset.id, Jakarta – Anak-anak zaman sekarang semakin lengket dengan teknologi, terutama ponsel pintar. Namun sayang, saat ini aplikasi yang ramah anak masih dapat dihitung dengan jari, termasuk aplikasi instant messaging.

Penggunaan aplikasi instant messaging yang semakin masif tak dapat dibendung, sebagai konsekuensi dari kamajuan Internet. Pengguna aplikasi pesan instant kini tak hanya sebatas orang dewasa saja, tapi juga banyak digunakan oleh bocah-bocah di bawah umur.

Hal ini tentu saja mengundang kekhawatiran bagi para orang tua, yang sulit mengontrol anak-anaknya yang menggunakan aplikasi pesan instant. Melihat kekhawatiran tersebut, Facebook coba memberikan solusi bagi para orang tua dengan meluncurkan versi aman anak dari Messenger.

[Baca juga: Facebook Bisa Deteksi Pengguna yang Niat Bunuh Diri]

Mengutip dari laman blog Facebook, aplikasi bernama Messenger Kids ini ditujukan bagi anak berusia 6 hingga 12 tahun. Hal ini sesuai dengan kebijakan Facebook, dimana anak-anak di usia tersebut masih belum dilegalkan untuk memiliki akun sendiri.

Melalui Messenger Kids, para orang tua dapat memilih siapa saja teman yang bisa dihubungi oleh para anak-anak mereka. Tentu saja hal ini dilakukan agar mengurangi kesempatan bagi anak-anak untuk melakukan percakapan degan orang asing.

Selain membatasi teman chatting, kabar baik lainnya adalah tim Facebook juga mengatakan bahwa mereka tidak akan memasang iklan di aplikasi Messenger Kids.

“Hal ini dilakukan agar tidak terjadi pencurian data terhadap anak Anda. Selain itu, aplikasi ini akan di gratiskan dan tidak ada pembelian di dalam aplikasi,” ujar perwakilan Facebook.

Tampilan dari aplikasi ini pun sudah di modifikasi agar sesuai dengan anak-anak. Misalnya saja, seperti tampilan yang berwarna serta beragam efek animasi yang bisa dipergunakan sehingga percakapan lebih menyenangkan ada di dalam aplikasi tersebut.

[Baca juga: Rayakan Natal, Google Ajak Keliling Dunia ‘Berburu Santa’]

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, akun Facebook orang tua dapat mendaftarkan satu atau lebih akun khusus anak mereka. Hal ini hanya sekedar untuk proses otentikasi saja. Anak-anak pun tidak dapat masuk untuk menggunakan akun Facebook orang tua mereka.

Sayangnya, untuk saat ini aplikasi Messenger Kids baru diluncurkan untuk platform iOS dan hanya tersedia di Amerika saja. Namun Facebook berjanji, aplikasi ini akan bisa hadir di Android dan bisa dinikmati oleh penggunanya di seluruh dunia. [NC/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0